LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) BANTUL Jl. Imogiri Barat Km. 7, Sewon, Bantul, Yogyakarta

Nurul Rizki Amalia, Nurul Rizki Amalia (2016) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) BANTUL Jl. Imogiri Barat Km. 7, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nurul Rizki Amalia - 13102241044.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa kependidikan strata satu (S1) Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan ini sangatlah bermanfaat bagi mahasiswa, yaitu untuk meningkatkan kualitas serta kemampuan baik akademik maupun profesionalitas mahasiswa selaku calon pendidik di luar sekolah ataupun masyarakat khususnya bagi mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah. Peningkatan kualitas serta kemampuan ini sangatlah dibutuhkan oleh mahasiswa sebagai bekal untuk mendidik masyarakat kelak. Dengan adanya laporan yang berisi tentang paparan kegiatan individu ini merupakan bentuk pertanggungjawaban penulis sebagai mahasiswa peserta PPL Jurusan Pendidikan Luar Sekolah UNY tahun 2016 terkait pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah dilaksanakan pada 15 Juli 2016 hingga 15 September 2016. Kegiatan PPL dilaksanakan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Bantul Kabupaten Bantul yang beralamatkan di Jalan Imogiri Barat km. 7, Kelurahan Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, DIY. Adapun program yang telah penulis laksanakan selama PPL dibedakan menjadi program mengajar dan non mengajar. Untuk program mengajar diantaranya mengajar di Taman Kanak-kanak (TK) Prima Sanggar SKB Bantul, Kesetaraan Paket B mata pelajaran Matematika, Kesetaraan Paket C mata pelajaran Geografi dan keterampilan Komputer, serta pelatihan Lifeskill. Sedangkan program non mengajar yang telah dilakukan diantaranya men-setting ruangan sentra imtaq TK Prima Sanggar SKB Bantul dan pembuatan modul tata boga tentang cara pembuatan Bolu Gundul dan Menawan. Terdapat pula kegiatan-kegiatan lain yang dilakukan serta diikuti guna menambah pengalaman mahasiswa dalam bidang kependidikan khususnya ke-PLS-an seperti kegiatan administrasi pelatihan dan uji kompetensi, labelling buku Taman Bacaan Masyarakat, serta pendampingan pembelajaran PAUD. Dalam pelaksanaan program mengajar sendiri, melalui beberapa tahapan diantaranya observasi dan wawancara, penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran vii (RPP) atau Rencana Kegiatan Harian (RKH), penyusunan materi pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, hingga evaluasi pembelajaran. Sedangkan untuk program non mengajar, perencanaan dituangkan dalam bentuk proposal kegiatan untuk masing-masing programnya. Hasil yang penulis peroleh dari pelaksanaan PPL khususnya di SKB Bantul yaitu mendapatkan pengalaman bagaimana cara menghadapi warga belajar dari berbagai usia, minat, pengalaman, dan kepribadian. Manfaat lain yaitu penulis semakin paham terkait tahapan pelaksanaan program mengajar mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, hingga evaluasi, bagaimana cara menyusun materi serta media yang sesuai dengan karakteristik warga belajar, serta bagaimana menentukan metode pembelajaran yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tersampaikan. Selain itu, manfaat lain yang penulis peroleh adalah mendapatkan pengalaman bagaimana cara membangun hubungan mitra kerja dengan kepala lembaga, pamong, pendidik PAUD, serta karyawan. Harapan penulis dari pengalaman pelaksanaan PPL yang telah penulis paparkan di dalam laporan ini dapat bermanfaat bagi pihak SKB Bantul Kabupaten Bantul, warga belajar, masyarakat, dan khususnya bagi penulis. Semoga pelaksanaan PPL Universitas Negeri Yogyakarta kedepannya dapat terlaksana lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SKB Bantul Kabupaten Bantul, Program PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Feb 2017 02:35
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47349

Actions (login required)

View Item View Item