PENYUSUNAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI SISTEM SARAF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KASIHAN BANTUL

Utami, Dian Laras (2016) PENYUSUNAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI SISTEM SARAF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KASIHAN BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
DIAN LARAS UTAMI.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Menyusunan media pembelajaran dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis video animasi pada sub-materi sistem saraf manusia untuk siswa SMA kelas XI; 2). Mengetahui pendapat siswa tentang media pembelajaran berbasis video animasi sub-materi sistem saraf manusia; 3). Besarnya motivasi siswa untuk mempelajari sistem saraf dengan menggunakan video pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model ADDIE (Annalysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), namun penelitian ini hanya sampai pada tahap Development (ADD). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Media yang telah selesai disusun diuji kelayakannya oleh reviewer terdiri atas 2 ahli materi, 2 ahli media, dan 1 guru biologi. Masukan dari reviewer digunakan sebagai bahan perbaikan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 kasihan yang berjumlah 30 siswa. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media belajar ini mendapatkan penilaian sangat baik sebesar 88,3% dan respon positif dari siswa 82,5% dan motivasi siswa memperoleh 69% sehingga media pembelajaran berbasis video animasi sistem saraf untuk kelas XI SMA layak digunakan dan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Kata Kunci: Media pembelajaran, Video pembelajaran, Sistem saraf.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 23 Feb 2017 01:17
Last Modified: 30 Jan 2019 13:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47337

Actions (login required)

View Item View Item