LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 1 SLEMAN

Yurike Praptiana, Yurike Praptiana (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 1 SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
YURIKE PRAPTIANA_ 13804241021_ PENDIDIKAN EKONOMI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu wadah untuk menerapkan atau mengaplikasikan ilmu yang selama ini telah dipelajari dalam bidang keahlian maupun ilmu keguruan yang berkaitan dengan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Praktik pengalaman lapangan atau praktik mengajar ini mulai dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2016 s.d. 15 September 2016 berlokasi di SMA N 1 Sleman. Dalam praktik mengajar mahasiswa terlebih dahulu melaksanakan persiapan pembelajaran, yaitu membuat perencanaan pembelajaran dimulai dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran sampai dengan evaluasi yang dilaksanakan. Kemudian melakukan koordinasi dan konsultasi kepada guru pembimbing di sekolah tersebut. Program yang dijalankan merupakan program pengajaran mata pelajaran ekonomi untuk siswa-siswi SMA Negeri 1 Sleman, sesuai dengan program studi yang ditempuh oleh penyusun. Pada kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Sleman ini, penyusun mendapat kesempatan untuk mengajar di dua kelas, X MIA II dan X MIA IV. Materi yang diajarkan pada dua kelas tersebut mengacu pada kurikulum 2013, yaitu Kompetensi Dasar (KD) 3.1 Mendekripsikan Konsep Ilmu Ekonomi dan 3.2 Menganalisis Masalah Ekonomi dalam Sistem Ekonomi Selama pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Sleman, penyusun mendapat kesempatan untuk mengajar di masing-masing kelas selama 2 x 3 jam pelajaran dalam satu minggu. Namun, penyusun tidak hanya melaksanakan praktik mengajar di kelas saja, penyusun juga belajar membuat perangkat pembelajaran yang memberikan banyak pengalaman dan manfaat sebagai calon guru ekonomi, melaksanakan piket guru, piket BK dan juga piket perpustakaan. Pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Sleman ini dapat disimpulkan bahwa target penggunaan jam selama pelaksanaan PPL telah tercapai, yaitu sebanyak 252 jam. Materi yang disampaikan juga telah mencapai target Kompetensi Dasar (KD) yang telah ditentukan. Oleh karena itu, diharapkan tujuan dari program-program yang dilaksanakan dalam kegiatan PPL mampu bermanfaat bagi penyusun, sekolah maupun semua pihak yang terlibat di dalam kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Sleman.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Ekonomi, SMA Negeri 1 Sleman, Kelas X, MIA, Konsep Ilmu Ekonomi, Masalah Ekonomi, Sistem Ekonomi, Pengetahuan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Feb 2017 00:33
Last Modified: 01 Oct 2019 11:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47335

Actions (login required)

View Item View Item