PEMETAAN KELANJUTAN STUDI SISWA SMA BERBASIS KOMPUTER DI BIDANG PENDIDIKAN MENENGAH ATAS DINAS PENDIDIKAN MENENGAH DAN NON FORMAL KABUPATEN BANTUL

Masdanti, Aisyah Ambar (2016) PEMETAAN KELANJUTAN STUDI SISWA SMA BERBASIS KOMPUTER DI BIDANG PENDIDIKAN MENENGAH ATAS DINAS PENDIDIKAN MENENGAH DAN NON FORMAL KABUPATEN BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13101241059 AISYAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bidang Pendidikan Menengah Atas (Dikmentas) memiliki tugas pokok dan fungsi salah satunya yaitu menyelenggarakan pengumpulan data dan monitoring yang berkaitan dengan SMA, sehingga Bidang Dikmentas berwewenang untuk mengetahui perkembangan bakat dan minat siswa SMA dalam melanjutkan studi pendidikan tinggi. Tindak lanjut yang bisa dikembangkan dari program ini adalah Dikmentas mampu membuat kebijakan bagi sekolah demi peningkatan motivasi anak dalam melanjutkan studi. Dengan harapan apabila latar belakang pendidikan lebih tinggi maka masa depan akan lebih baik. Program dilakukan dengan membuat format pengisian data kelanjutan studi yang selanjutnya dikirimkan melalui surat dan email ke sekolah-sekolah dengan format pendataan yang sudah disetujui oleh Dinas. Pengolahan data menggunakan Microsoft Excel. Hasil dari program ini adalah (1) rekap data siswa tahun lulusan 2016 yang melanjutkan studi di pendidikan tinggi, (2) persentase siswa SMA di Kabupaten Bantul yang melanjutkan studi, (3), pemetaan kelanjutan studi tahun 2016 berdasarkan kecamatan. Berdasarkan hasil kerja program PPL II yang sudah dilaksanakan yaitu program utama, penunjang, dan tambahan dapat dikatakan berhasil, dengan tingkat ketercapaian program utama, penunjang, dan tambahan yaitu mencapai 85% berhasil. Untuk tingkat keterlakasanaan mencapai 100%.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: Dr. Setya Raharja, M.Pd. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Bidang Dikmentas, Tracer Study, SMA
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Feb 2017 08:48
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47321

Actions (login required)

View Item View Item