PENATAAN ARSIP DI SUBBAG UMUM DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI KOMPUTER DI DINAS PENDIDIKAN MENENGAH DAN NON FORMAL KABUPATEN BANTUL

Khasanah, Nas Rum (2016) PENATAAN ARSIP DI SUBBAG UMUM DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI KOMPUTER DI DINAS PENDIDIKAN MENENGAH DAN NON FORMAL KABUPATEN BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13101241057 NAS RUM K.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dinas Pendidikan Menengah dan Non Formal adalah salah satu lembaga yang bergerak di bidang Pendidikan di Kabupaten Bantul. Salah satu Bidang yang bergerak di dinas pendidikan menengah dan non formal kabupaten bantul adalah Subbag Umum. Program ini di latarbelakangi oleh tidak adanya aplikasi untuk mengolah surat masuk dan surat keluar di subbag umum. Hal ini terlihat dari penulisan data surat masuk dan surat keluar masih dilakukan secara manual di lembar kertas yang telah tersedia. Program aplikasi komputer ini dibuat menggunakan Microsoft office Access. Microsoft Office Access merupakan sebuah aplikasi yang berguna untuk membuat, mengolah, dan mengelola basis data atau lebih dikenal dengan database. Kelebihan aplikasi ini yaitu dalam satu file access dapat dibuat model file lain, rumus dibuat sekali namun dapat menampilkan hasil otomatis sejumlah data. Program aplikasi ini sebagai salah satu cara untuk mempermudah di dalam mengolah surat masuk dan surat keluar. Hasil dari program ini adalah file access yang mampu meningkatkan efisiensi waktu. karena hanya dengan memasukan data satu kali maka sudah secara otomatis tertulis di dalam kartu kendali dan kartu disposisi. Program ini diharapkan dapat digunakan disubbag umum untuk mempermudah di dalam memasukan data-data pada surat masuk dan surat keluar. Selain itu, semoga untuk tahun ini dan tahun mendatang aplikasi ini masih dapat berjalan hingga terdapat aplikasi baru yang lebih efisien.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: Dr. Setya Raharja, M.Pd (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, surat, access
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Feb 2017 08:46
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47320

Actions (login required)

View Item View Item