OPTIMALISASI PENDATAAN SARANA DAN PRASARANA SMK DI BIDANG PENDIDIKAN MENENGAH DAN KEJURUAN DINAS PENDIDIKAN MENENGAH NON FORMAL KABUPATEN BANTUL TAHUN 2016

Dewi, Melinda Safrita Aryana (2016) OPTIMALISASI PENDATAAN SARANA DAN PRASARANA SMK DI BIDANG PENDIDIKAN MENENGAH DAN KEJURUAN DINAS PENDIDIKAN MENENGAH NON FORMAL KABUPATEN BANTUL TAHUN 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13101241007 MELINDA SAFRITA A D.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program ini dilatarbelakangi oleh salah satunya tujuan Dinas Pendidikan Menengah dan Non Formal yang akan dicapai, yaitu menyelenggarakan pengumpulan data, informasi, peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan atau bentuk lain yang sederajat. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa Bidang Dikmenjur memerlukan informasi terkait salah satunya mengenai data sarana dan prasarana SMK pada periode tertentu. Sehingga data mengenai sarana prasarana tersebut dapat digunakan sebagai data yang dibutuhkan dalam pelayanan umum, yaitu berupa data untuk melayani kebutuhan informasi mengenai sarana dan prasarana SMK Kab. Bantul oleh lembaga lain maupun masyarakat. Namun, pada periode tahun 2016 belum terlaksana karena belum adanya data sarpras dari sekolah dan form pendataan yang masih menjadi satu antara sarana dan prasarana. Alangkah baiknya untuk pendataan mengenai sarana dan prasarana lebih terperinci dan tertata, agar tersedianya informasi yang dibutuhkan oleh lembaga lain atau masyarakat lebih lengkap dan spesifik. Sehingga pelayanan yang diberikan pihak Dikmenjur lebih optimal. Pelaksanaan program ini dilakukan dengan aplikasi komputer yaitu Microsoft Office Excel sebagai aplikasi untuk merekap hasil data yang diterima dari sekolahsekolah SMK se-Kabupaten Bantul. Hasil dari program ini adalah terdapat 35 sekolah yang telah mengirim data mengenai sarana dan prasarana, berdasarkan form yang telah dikirim melaui email sebelumnya dari total 49 SMK di Kabupaten Bantul, sehingga ada 14 sekolah yang belum mengirimkan data. Kekurangan data 14 sekolah tersebut akan ditindaklanjuti dari pihak Dinas. Dengan hasil akhir keterlaksanaan 100% dan keberhasilan 71,4 %. Program ini diharapkan dapat digunakan sebagai informasi dalam pelayanan umum di Bidang Dinas Pendidikan Menengah dan Kejuruan ( Dikmenjur) Dinas Pendidikan Menengah dan Non Formal Kab. Bantul untuk tahun ini dan tahun-tahun mendatang sampai terdapat program baru yang lebih efektif dan efisien. Sehingga dengan pendataan sarpras yang lebih optimal dapat meningkatkan pelayanan umum yang diberikan pihak Dikmenjur akan kebutuhan informasi oleh lembaga lain maupun masyarakat.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: Dr. Setya Raharja, M.Pd (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Pendataan, Sarana Prasaran, Sekolah Menengah Kejuruan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Feb 2017 08:20
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47312

Actions (login required)

View Item View Item