Optimalisasi Penjagaan Kenaikan Gaji Berkala untuk Pegawai Dinas Pendidikan Dasar Tahun 2016-2020 Berbasis Komputer di Dinas Pendidikan Dasar Kab. Bantul

Hani Karmeiliani, Hani Karmeiliani (2016) Optimalisasi Penjagaan Kenaikan Gaji Berkala untuk Pegawai Dinas Pendidikan Dasar Tahun 2016-2020 Berbasis Komputer di Dinas Pendidikan Dasar Kab. Bantul. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Hani Karmeiliani_Laporan PPL.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan selama 2 bulan mulai dari tanggal 15 Juli sampai dengan tanggal 15 September di Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul. Setiap mahasiswa dibagi menjadi ke beberapa bidang yaitu Bidang Bina Program, Bidang Umum, Bidang keuangan, Bidang SD, Bidang SMP, dan Bidang kepegawaian. Penulis ditempatkan di bidang kepegawaian bersama dengan rekan Kurnia Sandi dan Dwi Erna Rahayu. Selama PPL, penulis memiliki program yang dijalankan yaitu Optimalisasi Pendataan Binaan Pengawas Berbasis Komputer. Program ini bertujuan untuk mengoptimalisasi pendataan mengenai binaan pengawas dengan menggunakan program aplikasi Ms. Excel yang dapat memudahkan pegawai dinas. Program ini sangat diperlukan bagi bidang kepegawaian karena data dari binaan pengawas dapat dipergunakan sebagai pemetaan juga dapat dijadikan sebagai data pertimbangan untuk penyaluran tunjangan profesi serta dapat menunjang kelancaran tugas pegawai dalam mendata binaan pengawas. Selain program individu, penulis menunjang program dua rekan yaitu “Penjagaan Pensiun di Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul” dan “Optimalisasi Penjagaan Kenaikan Gaji Berkala untuk Pegawai Dinas Pendidikan Dasar Tahun 2016-2020 Berbasis Komputer di Dinas Pendidikan Dasar Kab. Bantul”. Selama PPL, penulis juga ikut membantu pekerjaan pegawai kepegawaian seperti entri PAK (Penilaian Angka Kredit), entri data usul Cuti Haji/Umroh, Cuti Bersalin, dan Cuti Lain-Lain, entri data usul Pensiun Duda/Janda, Pensiun Dini dan Pensiun Batas Usia Akhir, dan menelpon tiap UPT yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Dasar Kab. Bantul untuk mengambil undangan maupun surat tugas bagi calon kepala sekolah, menjaga Stand Dikdas di Bantul Expo dan tugas tambahan lainnya. Program individu berjalan dengan lancar tanpa hambatan yang berarti. Optimalisasi Pendataan Binaan Pengawas sudah selesai dengan rincian pengawas SD terdiri dari 35 orang yang tiap orang membina 10 hingga 11 sekolah dan pengawas SMP terdiri dari 23 orang dimana tiap orang membina 3 hingga 7 sekolah dan guru mata pelajaran antara 49 hingga 80 guru sesuai dengan bidang atau mata pelajaran yang diampu pengawas. Program pendataan binaan pengawas sudah menginput sekolah binaan pengawas SD yang terdapat di Kab. Bantul berjumlah 362 SD, Sekolah binaan pengawas SMP yang diinput sebanyak 88 sekolah beserta guru binaannya sebanyak 1325 guru SMP. Untuk Penjagaan kenaikan gaji pegawai sudah selesai dengan total pegawai Dikdas 58 orang, pengawas SD 37 orang dan pengawas SMP sebanyak 26 orang namun ada beberapa pegawai yang sudah pensiun. Untuk program penjagaan pensiun juga berjalan lancar dengan guru SD, SMP, pegawai Diksas, pengawas SD dan pengawas SMP yang sudah dibuatkan jadwal pensiunnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY, Kepegawaian, Binaan Pengawas, Optimalisasi Data
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Feb 2017 07:49
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47304

Actions (login required)

View Item View Item