PELAKSANAAN PUBLIC RELATIONS PADA UNIT TEATER DAN PENTAS PT TAMAN WISATA CANDI PRAMBANAN, BOROBUDUR, DAN RATU BOKO DI SENDRATARI RAMAYANA BALLET PRAMBANAN

Nuri Rizki Novitasari, NRN (2017) PELAKSANAAN PUBLIC RELATIONS PADA UNIT TEATER DAN PENTAS PT TAMAN WISATA CANDI PRAMBANAN, BOROBUDUR, DAN RATU BOKO DI SENDRATARI RAMAYANA BALLET PRAMBANAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
22.SKRIPSI_Nuri Rizki Novitasari_12402244007.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan hambatan public relations di Unit Teater dan Pentas PT Taman Wisata Candi Prambanan, Borobudur, dan Ratu Boko di Sendratari Ramayana Ballet Prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan public relations pada Unit Teater dan Pentas PT Taman Wisata Candi Prambanan, Borobudur, dan Ratu Boko di Sendratari Ramayana Ballet Prambanan dengan pencarian fakta, perencanaan, pengkomunikasian, dan evaluasi. Perencanaan dilakukanan dengan penyebaran angket kuesioner berisi 10 pertanyaan yang terdiri dari kolom tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan. Pengkomunikasian dilakukan dengan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dan publikasi di sosial media dan cetak. Evaluasi dilakukan dengan hasil angket kuesioner dan hasil kritik saran dari pengunjung. Pelaksanaan public relations di Unit Teater dan Pentas Sendratari Ramayana Ballet Prambanan menunjukkan bahwa pelaksanaan public relations kurang berjalan secara optimal dibuktikan dengan hasil persentase kritik dan saran sebesar 53%. Pelaksanaan public relations di Unit Teater dan Pentas Sendratari Ramayana Ballet Prambanan terdapat hambatan diantaranya kurangnya penunjuk arah / sign board sehingga calon pengunjung mengalami kesulitan, sebagian pengunjung mengeluhkan dengan harga tiket yang relatif mahal, promosi kurang lengkap, fasilitas toilet kurang diperhatikan dalam segi kebersihan, dan kurangnya tenaga dalam penyampaian bahasa inggris. Kata kunci: public relations, Unit Teater dan Pentas Sendratari Ramayana Ballet Prambanan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 21 Feb 2017 07:23
Last Modified: 30 Jan 2019 13:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47296

Actions (login required)

View Item View Item