PENGEMBANGAN MODUL PENGGUNAAN PERALATAN KANTOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 1 DEPON SLEMAN

Siti Nurjanah, SN (2017) PENGEMBANGAN MODUL PENGGUNAAN PERALATAN KANTOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 1 DEPON SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
16.SKRIPSI_SITI NURJANAH_12402241057.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul dan mengetahui kelayakan aspek materi dan aspek media yang terdapat pada modul penggunaan peralatan kantor yang digunakan untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik, dan (2) mengetahui peran modul penggunaan peralatan kantor dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang mengadaptasi strategi penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Borg dan Gall. Dalam penelitian ini hanya menggunakan langkah pertama sampai kelima yaitu tahap studi pendahuluan, tahap desain produk, tahap validasi, tahap uji coba dan revisi produk, dan tahap produk akhir. Penelitian ini melibatkan 3 reviewer, yaitu satu orang dosen ahli materi, satu orang dosen ahli media, dan satu orang guru mata pelajaran. Modul hasil pengembangan kemudian diujicobakan pada 24 peserta didik kelas XI AP 4 SMK Negeri 1 Depok Sleman. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari angket, lembar observasi dan soal tes. Angket digunakan untuk mengetahui kualitas modul yang dikembangkan, kemandirian belajar peserta didik dan respon peserta didik terhadap modul. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui kemandirian peserta didik terhadap modul. Soal tes digunakan untuk mengetahui kemampuan kognitif peserta didik sebelum dan setelah menggunakan modul. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif yaitu berupa uraian saran dan skor penilaian dari semua reviewer pada tiap aspek penilaian modul, data peningkatan kemandirian belajar peserta didik berupa rerata persentase kemandirian sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan modul, serta data skor hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan modul. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa produk berupa modul Penggunaan Peralatan Kantor layak digunakan sebagai media pembelajaran karena memperoleh nilai rerata baik. Berdasarkan hasil observasi dan angket, kemandirian belajar peserta didik menunjukkan peningkatan dengan rerata persentase peningkatan kemandirian belajar peserta didik sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan modul melalui angket sebesar 15,68%, sedangkan melalui lembar observasi sebesar 41,12%. Berdasarkan skor pretest dan posttest, kemampuan kognitif peserta didik mengalami peningkatan sebesar 0,60 yang ditunjukkan dengan gain score dengan kategori sedang. Kata kunci: pengembangan, modul, kemandirian belajar peserta didik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 21 Feb 2017 07:22
Last Modified: 30 Jan 2019 13:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47289

Actions (login required)

View Item View Item