KUALITAS PENGEMBANGAN PROFESI GURU DI SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES

Ullyana Nur Alifa, UNA (2017) KUALITAS PENGEMBANGAN PROFESI GURU DI SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES. S1 thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14.SKRIPSI_ULLYANA NUR ALIFA_12402244018.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pengembangan profesi guru di SMK Muhammadiyah 1 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru SMK Muhammadiyah 1 Wates yang berjumlah 51 guru. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas instrumen untuk menguji validitas isi angket dalam penelitian ini menggunakan pendapat ahli (expert judgement). Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri atas 4 tahap: editing, tabulating, analyzing serta interpreting, dan yang terakhir concluding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pengembangan profesi guru di SMK Muhammadiyah 1 Wates sebesar 92,2% termasuk dalam kategori rendah dengan frekuensi 47 dari 51 responden. Kualitas pengembangan profesi guru terdiri dari 3 indikator kegiatan yaitu: (1) Kegiatan pengembangan diri sebesar 82,4% termasuk dalam kategori rendah dengan frekuensi 42 dari 51 responden. Kegiatan pengembangan diri dilihat dari aspek keikutsertaan guru dalam kegiatan diklat, seminar pendidikan, workshop, dan MGMP. (2) Kegiatan publikasi ilmiah sebesar 98,0% termasuk dalam kategori rendah dengan frekuensi 50 dari 51 responden. Kegiatan publikasi ilmiah dilihat dari aspek keaktifan guru dalam menjadi narasumber pada forum ilmiah, melakukan penelitian, mempublikasikan hasil penelitian, mempublikasikan gagasan inovatif dalam bidang pendidikan, dan mempublikasikan hasil karya tulisan berupa buku dan modul pembelajaran. (3) Kegiatan karya inovatif sebesar 94,1% termasuk dalam kategori rendah dengan frekuensi 48 dari 51 responden. Kegiatan karya inovatif dilihat dari aspek keaktifan guru dalam menciptakan teknologi tepat guna, memodifikasi teknologi tepat guna, membuat alat pembelajaran, memodifikasi alat pembelajaran, mengembangkan model pembelajaran, serta dilihat dari aspek keikutsertaan guru dalam kegiatan penyusunan standar proses pembelajaran dan penilaian pendidikan, penyusunan pedoman silabus, RPP, serta kisi-kisi soal, dan kegiatan penyusunan soal. Kata Kunci : Kualitas Pengembangan Profesi Guru, SMK Muhammadiyah 1 Wates.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 21 Feb 2017 07:22
Last Modified: 30 Jan 2019 13:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47286

Actions (login required)

View Item View Item