LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PENGALAMAN PRAKTIK LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 DEPOK

ALVY VICKRY PASCAVY RADYAN, ALVY VICKRY PASCAVY RADYAN (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PENGALAMAN PRAKTIK LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 DEPOK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pendidikan Bahasa Perancis_Alvy Vickry Pascavy Radyan.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan pembelajaran mahasiswa dalam upaya mengembangkan kemampuannya dibidang pendidikan dan pengajaran melalui praktik di lapangan. Tujuan kegiatan ini ialah memberikan sarana kepada mahasiswa kependidikan untuk belajar menjadi layaknya seorang guru, mulai dari mengajar di kelas, tugas piket, menjalin komunikasi antar guru, karyawan dan peserta didik, ataupun belajar tentang permasalahan kependidikan di lapangan atau sekolah. Kegiatan ini diharapkan mampu mempersiapkan mahasiswa kependidikan dalam mengantarkan mereka untuk menjadi guru yang siap dan memiliki kualitas yang baik. Kegiatan praktik pengalaman lapangan yang dilakukan di SMA N 1 Depok mulai dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 yang meliputi kegiatan praktik pembelajaran di kelas dan praktik persekolahan. Kegiatan praktik pembelajaran di kelas bertujuan agar mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman mengajar. Adapun kelas praktik yang diberikan ialah kelas X IIS 2, X IIS 3, XI IIS 1, dan XI IIS 2 tahun pelajaran 2016/2017. Sementara tujuan kegiatan praktik persekolahan ialah mengenalkan mahasiswa praktikan mengenai manajemen sekolah dan melakukan kegiatan di luar pembelajaran formal yang meliputi piket guru di ruang piket, piket menjaga dan mengelola ruang UKS, dan piket merekapitulasi data peserta didik di ruang TU. Hasil yang didapatkan dalam praktik mengajar selama PPL berlangsung ialah bahwa tingkat ketertarikan peserta didik SMA N 1 Depok terhadap bahasa Prancis masih belum terlalu tinggi. Bagi peserta didik, pembelajaran bahasa Prancis lebih efektif dan mudah dipahami melalui media lagu, gambar, dan atau video.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, pembelajaran, media.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Feb 2017 04:05
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47273

Actions (login required)

View Item View Item