LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 1 DEPOK

Rahma Zuddiyya Safitri, Rahma Zuddiyya Safitri (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 1 DEPOK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pendidikan Bahasa Indonesia_Rahma Zuddiyya.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan memberikan pelatihan dan pengalaman belajar yang berhubungan dengan masyarakat khususnya dalam dunia pendidikan/sekolah. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan sangat bersifat aplikatif yang dilaksanakan guna mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang diperoleh di kampus agar dikembangkan oleh mahasiswa di sekolah. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa sebagai calon guru dalam kegiatan belajar mengajar dan praktik persekolahan. Adapun tujuan dari praktik pengalaman lapangan ini diantaranya untuk mempersiapkan calon-calon tenaga pengajar yang profesional dan berkualitas dalam bergaul dengan masyarakat sekolah. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan yang berlokasi di SMA Negeri 1 Depok pada tanggal 15 Juli – 15 September 2016 meliputi kegiatan praktik mengajar di kelas dan praktik persekolahan. Mahasiswa praktikan mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di enam kelas XI yaitu XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPS1, XI IPS 2, dan XI IPS 3. Sementara kegiatan praktik persekolahan dimaksudkan agar mahasiswa praktikan mampu mengenal manajemen sekolah dan melakukan kegiatan di luar pembelajaran di kelas. Kegiatan di luar kelas meliputi piket guru, upacara, dan ekstrakurikuler. Mahasiswa praktikan melaksanakan praktik mengajar sebanyak 14 kali pertemuan. Adapun dalam pelaksanaan praktik mengajar, mahasiswa praktikan selalu dipantau dan dibimbing dalam membuat perangkat/ administrasi untuk mengajar serta selalu mengadakan evaluasi setelah selesai melakukan pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, PPL, dan Praktik mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Feb 2017 04:02
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47271

Actions (login required)

View Item View Item