Relevansi Isi Kurikulum 2013 SMK/MAK Paket Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Terhadap Kebutuhan Dunia Usaha/Industri (DU/DI) Studi Kasus Pada SMK Negeri 1 Sentani Kabupaten Jayapura.

Dewobroto, Aries Susanto (2017) Relevansi Isi Kurikulum 2013 SMK/MAK Paket Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Terhadap Kebutuhan Dunia Usaha/Industri (DU/DI) Studi Kasus Pada SMK Negeri 1 Sentani Kabupaten Jayapura. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-aries susanto dewobroto-14702251056.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) struktur isi kurikulum 2013 SMK/MAK paket keahlian TKJ, (2) kompetensi dasar paket keahlian TKJ yang diajarkan di SMKN 1 Sentani, namun tidak relevan terhadap kebutuhan kompetensi DU/DI di Kabupaten Jayapura, (3) kompetensi dasar paket keahlian TKJ yang tidak diajarkan di SMK Negeri 1 Sentani, namun relevan terhadap kebutuhan kompetensi DU/DI dan (4) kompetensi dasar paket keahlian TKJ yang diajarkan di SMK Negeri 1 Sentani, relevan terhadap kebutuhan kompetensi DU/DI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus, setting penelitian ini adalah PT. ITS sebagai industri pasangan SMKN 1 Sentani. Informan pada penelitian ini adalah pimpinan atau pemilik PT. ITS, pengawas SMK, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, tenaga pendidik TKJ. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, studi dokumentasi dan melakukan focus group discussion. Teknik analisis data mengacu pada analisis model interaktif Miles & Huberman, meliputi pengumpulan data, data condensation, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) terdapat 149 butir kompetensi dasar dalam kurikulum 2013 SMK paket keahlian TKJ, (2) terdapat 4 butir kompetensi dasar yang diajarkan, namun tidak relevan terhadap kebutuhan DU/DI, (3) terdapat 7 butir kompetensi dasar yang tidak diajarkan, namun relevan terhadap kebutuhan DU/DI, (4) temuan 14 butir kompetensi dasar yang memiliki kesamaan makna dan materi pembelajaran dan (5) terdapat 142 butir kompetensi dasar yang diajarkan relevan terhadap kebutuhan DU/DI.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013 SMK TKJ, kompetensi dasar TKJ DU/DI, relevansi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Feb 2017 04:00
Last Modified: 19 Aug 2022 01:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47266

Actions (login required)

View Item View Item