LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 2 PIYUNGAN

Septian Enggar Buntoro, Septian Enggar Buntoro (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 2 PIYUNGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13301241070_SEPTIAN_ENGGAR_B_PMAT.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak UNY sebagai langkah dari universitas yang berdiri sebagai LPTK (Lembaga Penyelenggara Tenaga Kependidikan) untuk mempersiapkan tenaga pendidik yang berkualitas, berkompetensi, berpengalaman, bertanggung jawab dan mandiri. Disamping itu kegiatan ini dilaksanakan agar mahasiswa semakin mendalami perannya sebagai calon pendidik. Praktik Pengalaman lapangan (PPL) memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan teori-teori kependidikan yang selama ini dipelajari di kampus untuk diaplikasikan dalam pembelajaran di kelas secara nyata. Selain itu, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini juga bertujuan untuk memberikan pengalaman secara langsung kepada mahasiswa dalam pengelolaan kelas, juga dalam proses pembelajaran agar mahasiswa memiliki bekal dan kesiapan di kemudian hari sebagai seorang pendidik. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan tanggal 15 September 2016 di SMP Negeri 2 Piyungan. Dalam kegiatan PPL di SMP Negeri 2 Piyungan, mahasiswa PPL mendapat kesempatan untuk mengajar kelas VIII E dan kelas VIII F pada mata pelajaran Matematika. Jumlah jam pelajaran sebanyak 5 jam pelajaran per kelas setiap minggunya. Banyak hal yang didapat dari PPL di SMP Negeri 2 Piyungan, terutama memberikan pengalaman pada mahasiswa dalam bidang manajerial, keilmuan, serta kemampuan pedagogi. Hasil yang diperoleh mahasiswa dari kegiatan PPL ini yaitu mendapatkan pengalaman nyata secara langsung di lapangan mengenai perencanaan, penyusunan perangkat, proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat mengaplikasikan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masingmasing, khususnya dalam bidang studi Matematika.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Feb 2017 01:51
Last Modified: 01 Oct 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47250

Actions (login required)

View Item View Item