LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 DEPOK SLEMAN

Elisa Tyaswening Saputri, Elisa Tyaswening Saputri (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 DEPOK SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pendidikan Seni Musik_Akhmad Mu'izzanur Sastrabayu.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu Universitas yang berlatar belakang pendidikan di Yogyakarta. Tugas penting yang dimiliki oleh Universitas dengan latar belakang pendidikan adalah mencetak tenaga kependidikan yang handal dan profesional untuk dunia pendidikan. Melalui program-program mata kuliah kependidikan yang dilaksanakan baik praktik, teori maupun lapangan diharapkan mampu memberi bekal pengetahuan dan ketrampilan kepada para mahasiswa tentang proses belajar mengajar Program kegiatan praktik pengalaman lapangan merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan guna mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang diperoleh di kampus untuk dikembangkan sebagai inovasi pembelajaran mahasiswa di lokasi PPL. Kegiatan praktik pengalaman lapangan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran dan praktik di sekolah. Tujuan dari praktik pengalaman lapangan ini adalah sebagai sarana latihan para mahasiswa calon guru agar menjadi guru yang profesional dibidangnya. Kegiatan praktik pengalaman lapangan yang dilakukan di SMA N 1 Depok Sleman meliputi kegiatan belajar mengajar di kelas, praktik pada kegiatan sekolah, maupun praktik pada bagian administrasi sekolah. Kegiatan praktik pembelajaran di kelas mulai dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2016. Tujuan kegiatan praktik pembelajaran di kelas adalah pengalaman mengajar. Pada kesempatan ini, praktikan mengajar mata pelajaran Seni Musik Kelas X dan XI baik IPA maupun IPS pada tahun ajaran 2016/2017. Tujuan kegiatan praktik persekolahan adalah agar mahasiswa praktikan mampu mengenal manajemen sekolah dan melakukan kegiatan diluar pembelajaran formal. Kegiatan ini meliputi piket di ruang piket guru, piket di ruang BK, piket di ruang TU serta piket di ruang UKS. Setelah melaksanakan praktik mengajar sebanyak 8 kali pertemuan, maka didapatkan hasil bahwa siswa SMA N 1 Depok Sleman rata-rata mempunyai rasa ingin tahu yang besar terhadap berbagai hal yang mendukung dalam pembelajaran dan aktif dalam bidang seni musik. Siswa sangat berperan aktif dalam setiap pembelajaran, seperti mampu mengutarakan pendapatnya sendiri terkait dengan pembelajaran, mampu menganalisis sebuah karya lagu, menganalisis bentuk pola iringan lagu menjadi bentuk baru yang cukup baik, dan dapat dengan baik. Dalam rangka mewujudkan output yang baik dari segi IQ, EQ, dan SQ, pihak sekolah menjalankan peranannya sebagai lembaga pendidikan secara profesional seperti konsolidasi kegiatan belajar mengajar, banyaknya kegiatan pada peringatan hari-hari besar, baik kegiatan keagamaan maupun peringatan hari nasional, menjalin hubungan antar personal, saling menghargai, melengkapi sarana dan prasarana, serta tata tertib administrasi. Secara keseluruhan hasil program kerja PPL terlaksana dengan baik, meskipun masih banyak kekurangan. Pengalaman ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik, serta sebagai bekal dalam pengabdian diri pada masyarakat.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL adalah Sarana dalam Proses Menuju Masa Depan.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Feb 2017 03:54
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47247

Actions (login required)

View Item View Item