Pengaruh Model Brain Based Learning terhadap Habits of Mind dan Penguasaan Konsep materi Fluida Dinamis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Balikpapan.

Rahzianta, Rahzianta (2017) Pengaruh Model Brain Based Learning terhadap Habits of Mind dan Penguasaan Konsep materi Fluida Dinamis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Balikpapan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rahzianta-14726251038.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan Habits of Mind peserta didik sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran Brain Based Learning pada materi Fluida Dinamis kelas XI IPA SMA, (2) menjelaskan Penguasaan Konsep peserta didik sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran Brain Based Learning pada materi Fluida Dinamis kelas XI IPA SMA, dan (3)mengetahui apakah ada pengaruh model Brain Based Learning terhadap Habits of Mind dan Penguasaan konsep peserta didik pada materi Fluida Dinamis kelas XI IPA SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu atau quasi-experiment. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA berjumlah 142 peserta didik. Sampel penelitian berjumlah 73 peserta didik yang terdiri dari 37 peserta didik pada kelas XI IPA 4 dan 36 peserta didik pada kelas XI IPA 3. Kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan Angket dan soal pilihan ganda. Validasi yang digunakan berupa validasi isi dan validasi empiris. Hasil validasi menunjukkan bahwa instrumen bersifat valid dan reliable. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis pengaruh model model Brain Based Learning terhadap Habits of Mind dan Penguasaan konsep peserta didik adalah analisis uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut (1) Habits of Mind sebelum dan sesudah diberikan model Brain Based Learning lebih besar daripada model konvensional dapat diamati dari rata-rata hasil sebelum dan sesudah Angket Habits of Mind peserta didik kelas eksperimen adalah 169,05 dan 201,78. Rata-rata hasil sebelum dan sesudah Angket Habits of Mind peserta didik kelas kontrol adalah 160,86 dan 180,57. (2) Penguasaan Konsep sebelum dan sesudah diberikan model Brain Based Learning lebih besar daripada model konvensional dapat diamati dari rata-rata hasil sebelum dan sesudah Penguasaan Konsep peserta didik kelas eksperimen adalah 49,19 dan 76,65. Rata-rata hasil sebelum dan sesudah Angket Habits of Mind peserta didik kelas kontrol adalah 46,34 dan 69,44. (3) Model Brain Based Learning yang diterapkan berpengaruh terhadap Habits of Mind dan Penguasaan konsep sebesar 47 % untuk Habits of Mind dan 9,7 % untuk Penguasaan konsep. Hal ini terlihat pada hasil uji Tests of Between-Subjects Effects yang menunjukkan corrected metode dan metode mempunyai nilai yang sama. Model Brain Based Learning yang diterapkan berpengaruh terhadap Habits of Mind dan Penguasaan konsep peserta didik daripada model konvensional. Hal ini terlihat dari mean hasil Habits of Mind peserta didik yang menggunakan Brain Based Learning lebih besar daripada mean Habits of Mind peserta didik yang menggunakan model konvensional, 0,55 >0,44 serta mean penguasaan konsep peserta didik yang menggunakan metode konvesional 0,39>0,19.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Brain Based Learning, Habits of Mind, Penguasaan Konsep, dan Fluida Dinamis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Feb 2017 01:59
Last Modified: 09 May 2019 07:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47243

Actions (login required)

View Item View Item