LAPORAN INDIVIDU PENGALAMAN PRAKTIK LAPANGAN SMA NEGERI 1 DEPOK

Maria Goreti Nahak Berek, Maria Goreti Nahak Berek (2016) LAPORAN INDIVIDU PENGALAMAN PRAKTIK LAPANGAN SMA NEGERI 1 DEPOK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pendidikan Fisika_Maria Goreti.pdf

Download (396kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), merupakan suatu bentuk usaha peningkatan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran yang merupakan bentuk pembelajaran mahasiswa UNY dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk mencari pengetahuan di luar kampus yakni pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidang yang ditekuni, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Praktik Peengalaman Lapangan ( PPL ) dilaksanakan di SMA Negeri 1 Depok. Praktikan mengajar Fisika semester gasal. Materi yang disampaikan adalah Gaya Gesekan dan Hukum Gravitasi Newton. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan RPP dan materi mengajar sekaligus pembuatan perangkat administrasi guru. Setiap kali praktek mengajar di lapangan praktikan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagai persiapan mengajar supaya lebih mudah dan lebih menguasai materi yang akan disampaikan kepada siswa. Dalam kegiatan PPL di SMA Negeri 1 Depok yang berlangsung dari tanggal 15 Juli 2016 hingga 15 September 2016, penyusun mendapat kesempatan mengajar dikelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Mahasiswa melakukan praktek mengajar dikelas setiap hari Senin jam ke 3-4, hari selasa jam ke 3_5, hari rabu jam 5, dan hari sabtu jam1-2. Secara umum, pelaksanaan PPL dapat berjalan dengan baik. Adapun hambatan yang muncul dapat diminimalisir dengan konsultasi dengan guru pembimbing, sehingga pelaksanaan PPL dapat terlaksana dengan baik. Dengan adanya kegiatan PPL diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing. Selain itu mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama dibangku perkuliahan UNY.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA Negeri 1 Depok, Fisika, Gravitasi, Gaya Gesekan, Perangkat Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Feb 2017 07:23
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47229

Actions (login required)

View Item View Item