LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI SMA N 1 DEPOK JALAN BABARSARI, CATURTUNGGAL, DEPOK, SLEMAN 15 JULI 2016 - 15 SEPTEMBER 2016

Zubaida Putri Sholekhah, Zubaida Putri Sholekhah (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI SMA N 1 DEPOK JALAN BABARSARI, CATURTUNGGAL, DEPOK, SLEMAN 15 JULI 2016 - 15 SEPTEMBER 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pendidikan Ekonomi_Zubaida Putri.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di SMA N 1 Depok ini bertujuan untuk memberikan pengalaman secara langsung kepada mahasiswa menerapkan ilmu yang bersifat teoritis yang telah diterima di perguruan tinggi, selain itu juga menambah kompetensi mahasiswa yang kelak akan menjadi seorang pendidik. Pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Depok dimulai sejak tanggal 15 Juli 2016 hingga 15 September 2016. Pelaksanaan PPL diawali dengan kegiatan observasi sekolah hingga pembuatan laporan akhir. Program PPL yang dilaksanakan merupakan program pengajaran mata pelajaran ekonomi untuk siswa-siswi SMA Negeri 1 Depok sesuai dengan program studi yang ditempuh oleh penyusun. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 8 kali pertemuan. Pada kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Depok ini, penyusun mendapat kesempatan untuk mengajar satu kelas, yaitu XI IPS 1 dengan waktu 1 x 2 jam pelajaran dalam seminggu. Hal tersebut disebabkan karena kelas XII dipersiapkan untuk menempuh ujian nasional. Kurikulum yang digunakan untuk mengajar adalah kurikulum 2006, sedangkan untuk kurikulum 2013 baru diterapkan di kelas X. Materi yang telah diajarkan di kelas XI IPS 1 yaitu Kompetensi Dasar (KD) 1.1 Ketenagakerjaan, KD 1.2 Pembangunan Ekonomi, KD 1.3 Pertumbuhan ekonomi, dan KD 1.4 Pengangguran. Selama pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Depok, kegiatan yang dilakukan tidak hanya melaksanakan praktik mengajar di kelas saja, namun juga belajar membuat perangkat pembelajaran yang memberikan banyak pengalaman dan manfaat sebagai calon guru ekonomi, melaksanakan piket di lobby, piket BK dan juga piket di ruang TU. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Depok ini telah memenuhi target penggunaan jam selama pelaksanaan PPL telah tercapai, yaitu sebanyak 275 jam. Materi yang disampaikan juga telah mencapai target Kompetensi Dasar (KD) yang telah ditentukan. Oleh karena itu, diharapkan tujuan dari program-program yang dilaksanakan dalam kegiatan PPL mampu bermanfaat bagi penyusun, sekolah maupun semua pihak yang terlibat di dalam kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Depok.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Ekonomi, SMA Negeri 1 Depok, Kelas XI IPS 1, Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Feb 2017 06:54
Last Modified: 01 Oct 2019 11:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47228

Actions (login required)

View Item View Item