PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 1 PRAMBANAN SLEMAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN

Teny Wulan Sudaniti PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 1 PRAMBANAN SLEMAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Teny_Wulan_Sudaniti-07201244055.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Prambanan Sleman dengan menggunakan media boneka tangan. Latar belakang diadakannya penelitian di SMP Negeri 1 Prambanan yaitu kurangnya keterampilan peserta didik dalam bercerita. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri 1 Prambanan Sleman. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIB yang terdiri dari 36 siswa. Pen elitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti bersama guru Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket, pengamatan, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi foto, dan penilaian keterampilan bercerita. Instrumen penelitian berupa catatan lapangan, lembar pengamatan, angket, dan lembar penilaian bercerita. Data yang diperolah dianalisis secara deskritif kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (validitas demokratik, validitas hasil, validitas proses) dan reliabilitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Prambanan Sleman. Peningkatan keterampilan bercerita siswa tampak pada kualitas proses pembelajaran yang ditunjukkan oleh keaktifan, perhatian pada pelajaran, antusiasme selama pembelajaran, keberanian bercerita di depan kelas dan kerjasama kelompok sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, aktif dan kreatif. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari peningkatan skor hasil bercerita siswa pa da setiap siklus. Kemampuan rata -rata siswa dalam bercerita sebelum adanya tindakan berkategori kurang. Namun, setelah implementasi tindakan selama dua siklus, kemampuan rata -rata siswa dalam bercerita menjadi kategori baik. Peningkatan kualitas produk/has il dapat dilihat dari perbandingan skor rata - rata bercerita siswa pada tahap pratindakan sampai pascatindakan Siklus II. Skor rata -rata siswa pada tahap pratindakan sebesar 19,17, pada Siklus I meningkat menjadi 23,03, dan pada Siklus II meningkat lagi menjadi 25,89. Skor rata -rata keterampilan siswa mengalami peningkatan sebesar 6,72. Dengan demikian, keterampilan bercerita siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Prambanan Sleman telah mengalami peningkatan baik secara proses maupun produk setelah diberi tindakan me nggunakan media boneka tangan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Virga FBS
Date Deposited: 31 Aug 2012 14:06
Last Modified: 29 Jan 2019 16:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4721

Actions (login required)

View Item View Item