Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA.

Firmansyah, Edi (2017) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-edi-firmansyah-14726251018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif model Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan eksperimen nonequivalent control–group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X pada SMA Negeri 5 Kota Bima. Sampel pada penelitian diambil dengan teknik random sampling sehingga diperoleh dua kelas sebagai sampel penelitian. Kelas X1 terdiri dari 20 siswa sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model Problem Based Learning dan 20 siswa kelas X4 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan uraian serta observasi. Tes pilihan ganda digunakan untuk mengukur hasil belajar pada ranah kognitif siswa dan tes uraian digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa pada materi fluida statis sebelum dan sesudah perlakuan sedangkan observasi digunakan untuk mengukur hasil belajar pada ranah afektif dan psikomotorik siswa pada saat proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji MANOVA yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas data dan uji homogenitas varians serta uji korelasi dengan menggunakan uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran dengan model Problem Based Learning berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik berdasarkan hasil uji Pillai’s Trace, Wilks’Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roy’s Largest Root dengan nilai signifikansi 0,004 lebih kecil dari 0,05 (0,004 < 0,05); (2) pembelajaran dengan model Problem Based Learning lebih berpengaruh positif daripada model konvensional terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa berdasarkan rata-rata nilai gain. Rata-rata gain keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen sebesar 0,7 dan 0,5 lebih tinggi daripada rata-rata gain keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas kontrol sebesar 0,6 dan 0,4; (3) pembelajaran dengan model Problem Based Learning berpengaruh positif daripada model konvensional terhadap ranah afektif dan psikomotorik siswa berdasarkan nilai rata-rata pada saat observasi. Rata-rata observasi ranah afektif dan psikomotorik siswa kelas eksperimen sebesar 81 dan 82 lebih tinggi dibandingkan observasi ranah afektif dan psikomotorik siswa kelas kontrol sebesar 77 dan 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning lebih berpengaruh positif dibandingkan model konvensional terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMA.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Fisika, Fluida Statis.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Feb 2017 02:32
Last Modified: 04 Dec 2023 04:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47209

Actions (login required)

View Item View Item