Manajemen Kurikulum Program Tahfidz al-Qur`an di Pondok Pesantren Hamalatul Qur`an Yogyakarta.

Khakim, Muhammad Luqman (2016) Manajemen Kurikulum Program Tahfidz al-Qur`an di Pondok Pesantren Hamalatul Qur`an Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-luqman-khakim-14703254007.swf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum program tahfidz al-Qur`an di Pondok Pesantren Hamalatul Qur`an Yogyakarta, meliputi aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pemantauan, serta faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tradisi studi kasus. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah/Madrasah, Ketua Yayasan, Wakil Kepala bagian Kurikulum, dan guru. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Instrumen penelitian meliputi pedoman wawancara, panduan observasi, alat bantu rekam dan gambar, keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman, meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Perencanaan kurikulum program tahfidz al-Qur`an dengan menentukan visi, misi, dan tujuan pendidikan, serta menyusun program-program. Perencanaan didukung SDM yang berkompeten, disusun bersama seluruh stakeholder. Namun, program-program belum terdokumentasikan dengan baik. (2) Pengorganisasian kurikulum program tahfidz al-Qur`an berupa pengaturan program, kegiatan, target dan sasaran kegiatan, jadwal kegiatan, penanggungjawab kegiatan, dan rencana anggaran yang disusun dan disepakati seluruh stakeholder. Perencanaan didukung dengan kemudahan berkoordinasi dan kesamaan visi pengelola. Namun, pengorganisasian terkendala oleh pengadministrasian. (3) Pelaksanaan kurikulum program tahfidz al-Qur`an berupa rapat koordinasi pengurus secara terjadwal dengan tujuan untuk motivasi para pengelola, menjamin keterlaksanaan sebuah program, dan media evaluasi. Pelaksanaan didukung dengan kegiatan siswa yang dikemas secara menyenangkan. Namun, pesantren belum memiliki musyrif yang berkompeten. (4) Pemantauan kurikulum program tahfidz al-Qur`an, meliputi: penilaian keaktifan setoran mingguan, ujian syarat kenaikan juz, ujian sima`an lajnah 1, 2, dan 3, dan ujian semester, dengan terlebih dahulu menentukan standar penilaian, mengukur kinerja, membandingkan kinerja dengan standar, mengevaluasi hasil, dan melaksanakan tindak lanjut. Faktor pendukungya adalah pemantauan yang telah terjadwal walaupun belum ada pedoman pemantauan yang teradministrasikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, kurikulum program tafidz al-Qur`an
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Feb 2017 02:19
Last Modified: 09 May 2019 07:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47207

Actions (login required)

View Item View Item