LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK KI AGENG PEMANAHAN Jalan Parangtritis Km. 16.5 Patalan, Jetis, Bantul

ALKHUDLORI, ALKHUDLORI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK KI AGENG PEMANAHAN Jalan Parangtritis Km. 16.5 Patalan, Jetis, Bantul. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
13518241021_ALKHUDLORI_PENDIDIKAN TEKNIK MEKATRONIKA.pdf

Download (36MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) UNY 2016 di SMK Ki Ageng Pemanahan merupakan merupakan salah satu mata kuliah ekstrakurikuler dan besifat wajib. PPL bertujuan untuk membekali mahasiswa dalam kehidupan pendidikan yaitu berinteraksi dengan siswa, guru, dan karyawan sekolah serta mengenali lingkungan kehidupan nyata disekolah. Mahasiswa yang sudah dibekali sejak mengambil mata kuliah mikro teaching tentunya sudah siap dalam praktik di sekolah. PPL juga merupakan agenda wajib bagi mahasiswa yang menempuh jenjang S1 di kampus pendidikan. Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman yang baik di program PPL ini. Sekolah yang ditempati PPL juga akan mendapatkan dampak positif dari pelaksanaan program ini. SMK Ki Ageng Pemanahan yang berada di Jalan Parangtritis Km. 16,5 Patalan, Jetis, Bantul, Yogyakarta merupakan lokasi dilaksanakannya program PPL UNY 2016 yang berlangsung selama 256 jam atau 2 bulan. Kegiatan berlangsung dari tanggal 15 Juli sd 15 September 2016. Dalam pelaksanaan program, mahasiswa melakukan tatap muka minimal sebanyak 8 kali pertemuan. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, tanya jawab, praktik dan pemecahan masalah. Selama program berlangsung mahasiswa sudah bertatap muka sebanyak 16 kali pertemuan. Dengan mata pelajaran yang diampu yaitu Elektronika Digital dan Sistem Hidrolik dengan ditambah team teaching pada mata pelajaran CAD/CAM. Dengan mengampu mata pelajaran tersebut mahasiswa sudah memenuhi syarat jumlah jam dan jumlah pertemuan. Dalam pelaksanaan PPL masih banyak kendala antara lain yaitu terbatasnya media pembelajaran, suasana kelas yang gaduh, dan bangunan yang termasuk kurang layak. Pada saat pelaksanaan pembelajaran banyak siswa yang kurang nyaman dengan semua kekurangan itu. Namun, secara umum pelaksanaan PPL tergolong lancar karena sesuai target dan jadwal yang telah ditentukan. Pelaksanaan PPL selalu diawali dengan pembuatan RPP. Mahasiswa mengajar mata pelajaran Elektronika Digital sebanyak 8 kali pertemuan untuk kelas X Mekatronika dan Sistem Hidrolik 8 kali pertemuan untuk kelas XII Mekatronika. Dengan adanya program PPL ini mahasiswa mendapatkan bekal dan pengalaman yang luarbiasa. Bekal dan pengalaman ini akan dibawa hingga besok lulus kuliah untuk mengajar disekolah maupun instansi lainnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL, Elektronika Digital, Sistem Hidrolik
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 20 Feb 2017 01:19
Last Modified: 20 Feb 2017 01:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47191

Actions (login required)

View Item View Item