KEEFEKTIFAN “STRATEGI OMAGGIO” DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK CERITA RAKYAT DI KELAS X MAN PANGEAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI PROVINSI RIAU

Tasliati (2011) KEEFEKTIFAN “STRATEGI OMAGGIO” DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK CERITA RAKYAT DI KELAS X MAN PANGEAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI PROVINSI RIAU. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Tasliati_(07201241004).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menyimak cerita rakyat siswa kelas X MAN Pangean dengan “Strategi Omaggio” dan pembelajaran tanpa “Stategi Omaggio” dan menguji keefektifan “strategi Omaggio” dalam pembelajaran menyimak cerita rakyat di kelas X MAN Pangean, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode dalam penelitian ini berupa eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Pangean, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Penentuan sampel dengan teknik simple random sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas terdiri atas 37 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes, yaitu pretest dan posttest. Validitas yang digunakan adalah korelasi pearson yang menujukkan instrumen tersebut valid. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang menunjukkan indeks reliabilitas 0,893 untuk instrumen pretest dan 0,896 untuk instrumen posttest yang berarti keduanya reliabel. Sebelum dilakukan analis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa skor pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji –t. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan menyimak cerita rakyat siswa kelas X MAN Pangean dengan “Strategi Omaggio” dan pembelajaran tanpa “Stategi Omaggio”. Perbedaan tersebut ditunjukkan oleh hasil uji –t yang dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 17. Uji –t skor posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan –t hitung 3,45 dengan db=72 dan nilai p 0,001 (p < 0,05). Sementara hasil uji –t skor pretest dan posttest kelompok eksperimen menunjukkan –t hitung 5,047 dengan db=72 dan nilai p 0,00 (p < 0,05) yang membuktikan bahwa pembelajaran dengan “Srategi Omaggio” lebih efektif dibandingkan pembelajaran tanpa “Stretegi Omaggio” Kata kunci: keefektifan, “stretegi Omaggio”, kemampuan menyimak cerita rakyat

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Virga FBS
Date Deposited: 31 Aug 2012 14:06
Last Modified: 29 Jan 2019 16:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4719

Actions (login required)

View Item View Item