PENGARUH MOTIVASI DAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI TERHADAP MINAT MENJADI AKUNTAN PERUSAHAAN PADA MAHASISWA AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Pradana, Danu (2017) PENGARUH MOTIVASI DAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI TERHADAP MINAT MENJADI AKUNTAN PERUSAHAAN PADA MAHASISWA AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ Danu Pradana_13812141042.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Motivasi terhadap Minat menjadi Akuntan Perusahaan pada Mahasiswa Akuntansi FE UNY, (2) Persepsi Mahasiswa tentang Pendidikan Profesi Akuntansi terhadap Minat menjadi Akuntan Perusahaan pada Mahasiswa Akuntansi FE UNY, (3) Motivasi dan Persepsi Mahasiswa tentang Pendidikan Profesi Akuntansi secara bersama-sama terhadap Minat menjadi Akuntan Perusahaan pada Mahasiswa Akuntansi FE UNY. Penelitian ini termasuk penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah 214 mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang sudah menempuh mata kuliah Pengauditan 1 dengan sampel penelitian sejumlah 140 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan melalui kuesioner. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh positif Motivasi terhadap Minat menjadi Akuntan Perusahaan pada Mahasiswa Akuntansi FE UNY, ditunjukkan dengan persamaan regresi Y = 25,278 + 0,352X1, t hitung = 4,512 dan signifikan = 0,000 serta R2 = 0,114, (2) Terdapat pengaruh positif Persepsi Mahasiswa tentang Pendidikan Profesi Akuntansi terhadap Minat menjadi Akuntan Perusahaan pada Mahasiswa Akuntansi FE UNY, ditunjukkan dengan persamaan regresi Y = 29,780 + 0,233X2, t hitung = 2,871 dan signifikan = 0,005 serta R2 = 0,050, (3) Terdapat pengaruh positif Motivasi dan Persepsi Mahasiswa tentang Pendidikan Profesi Akuntansi secara bersama-sama terhadap Minat menjadi Akuntan Perusahaan pada Mahasiswa Akuntansi FE UNY, ditunjukkan dengan persamaan regresi Y = 21,6 + 0,31X1 + 0,136X2, F hitung = 11,658 dan signifikansi = 0,000 serta R2 = 0,129.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Minat menjadi Akuntan Perusahaan, Motivasi, Persepsi Mahasiswa, Pendidikan Profesi Akuntansi.
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 20 Feb 2017 01:13
Last Modified: 30 Jan 2019 13:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47189

Actions (login required)

View Item View Item