LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK KI AGENG PEMANAHAN Jalan Parangtritis Km. 16.5 Patalan, Jetis, Bantul

HANAFI SLAMET SUGIARTO, HANAFI SLAMET SUGIARTO (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK KI AGENG PEMANAHAN Jalan Parangtritis Km. 16.5 Patalan, Jetis, Bantul. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13518241002 Hanafi Slamet Sugiarto_Laporan PPL.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) UNY 2016 di SMK Ki Ageng Pemanahan merupakan salah satu mata kuliah yang bersifat intrakulikuler dan wajib. PPL bertujuan agar mahasiswa dapat berinteraksi langsung dengan sekolah, guru, karyawan, murid dan komponen lain dari sekolah. UNY sebagai kampus pendidikan memberikan pembekalan kepada mahasiswa tentang pelaksanaan PPL agar siap ketika diterjunkan di sekolah. Sebelum diadakannya pelaksanaan PPL, mahasiswa diberikan mata kuliah Micro Teaching yang bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam palaksanaan PPL. SMK Ki Ageng Pemanahan yang berada di Jalan Prangtritis Km. 16,5 Patalan, Jetis, Bantul, Yogyakarta merupakan lokasi dari pelaksanaan PPL mahasiswa UNY yang dilaksanakan selama 256 jam (± 2 bulan). Kegiatan PPL dimulai dari tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Mahasiswa PPL melaksanakan pelajaran tatap muka minimal 8 kali pertemuan. Metode pembelajaran yang digunakan diantaranya: metode ceramah, diskusi, tanya jawab, cooperative learning (CL), praktik, dan pemecahan masalah. Selama PPL berlangsung, mahasiswa telah bertatap muka sebanyak 20 kali tatap muka. Mengampu mata pelajaran K3 dan MANAJEMEN INDUSTRI, ditambah team teaching untuk pelajaran GAMBAR TEKNIK dengan jumlah tatap muka 1 kali dalam seminggu. Pelaksanaan PPL masih terdapat kendala seperti terbatasnya materi dan bahan ajar, namun hal itu dapat disiasati dengan mengambl sumber lain sesuai dengan mata pelajaran dan kurikulum yang digunakan, namun, secara umum pelaksanaan PPL berjalan baik. Pada praktiknya di lapangan, mahasiswa telah menyelesaikan RPP sebanyak 16 pertemuan untuk mata pelajaran K3 di kelas X Teknik Mekatronika dan mata pelajaran MANAJEMEN INDUSTRI di kelas XII Teknik Mekatronika. Mahasiswa memperoleh pengalaman yang tiada terkira selama pelaksanaan PPL. Di samping itu, dapat membantu mahasiswa dalam menempa diri guna menjadi tenaga pendidik yang lebih baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, K3, Manajemen Industri, SMK Ki Ageng Pemanahan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Feb 2017 01:10
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47187

Actions (login required)

View Item View Item