Evaluasi Implementasi Standar Isi Program Keahlian Teknologi Informasi di SMK Bertaraf Internasional Provinsi D.I.Yogyakarta

Winartiningsih, Wara (2010) Evaluasi Implementasi Standar Isi Program Keahlian Teknologi Informasi di SMK Bertaraf Internasional Provinsi D.I.Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wara-winartiningsih-06701251019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui ketercapaian pelaksanaan standar isi program keahlian Teknologi Informasi (TI) di SMK Bertaraf Internasional (SMKBI) Provinsi D.I.Yogyakarta, ditinjau dari keterlaksanaan standar isi TI, keterlaksanaan materi TI, dan kendala yang dihadapi dalam pencapaian materi TI. Materi TI yang dimaksud adalah materi Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), serta materi multimedia. Evaluasi menggunakan model kesenjangan (discrepancy model) yang dikembangkan oleh Malcolm Provus. Data diperoleh dari 5 (lima) SMKBI di Provinsi D.I.Yogyakarta, masing-masing 1 (satu) wakil kepala sekolah bidang kurikulum, 3 (tiga) guru TKJ, dan 15 (limabelas) siswa TKJ. Khusus di SMKN 1 Bantul, data juga diperoleh dari 3 (tiga) guru multimedia dan 15 (limabelas) siswa multimedia. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan wawancara, serta pemeriksaan dokumen sebagai data pendukung. Instrumen pengumpul data divalidasi berdasarkan pertimbangan ahli (expert judgement), sedangkan reliabilitas instrumen dianalisis dengan rumus Cronbach-Alpha menggunakan SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 15.0. Koefisien reliabilitas instrumen keterlaksanaan standar isi sebesar 0,873, keterlaksanaan materi TKJ sebesar 0,725, dan keterlaksanaan materi multimedia sebesar 0,705. Data hasil evaluasi dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa standar isi dan materi TKJ telah dilaksanakan dengan baik di 5 (lima) SMKBI Provinsi D.I.Yogyakarta. Materi multimedia yang hanya ada di SMKN 1 Bantul juga telah dilaksanakan dengan baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: standar isi, SMK bertaraf internasional
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2017 01:11
Last Modified: 06 Oct 2022 03:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47184

Actions (login required)

View Item View Item