ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN KENAIKAN KELAS MATA PELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI KELAS XI IIS MAN WONOKROMO BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016

Rahman, Amelia (2017) ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN KENAIKAN KELAS MATA PELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI KELAS XI IIS MAN WONOKROMO BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi _Amelia Rahman_13803241020.pdf

Download (60MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas Soal Ulangan Kenaikan Kelas Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Kelas XI IIS MAN Wonokromo Bantul Tahun Ajaran 2015/2016 yang ditinjau dari Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, dan Efektivitas Pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Soal Ulangan Kenaikan Kelas Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Kelas XI IIS MAN Wonokromo Bantul Tahun Ajaran 2015/2016 terdiri dari 40 butir soal pilihan ganda. Soal tersebut dianalisis berdasarkan Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, dan Efektivitas Pengecoh. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IIS MAN Wonokromo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan program Anates versi 4.09. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal Ulangan Kenaikan Kelas Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Kelas XI IIS MAN Wonokromo Bantul Tahun Ajaran 2015/2016 merupakan soal yang belum berkualitas baik. (1) Validitas soal menunjukkan 19 butir atau 47,5% dikatakan valid dan 21 butir atau 52,5% dikatakan tidak valid sehingga soal termasuk soal yang belum berkualitas baik dari segi Validitas. (2) Reliabilitas soal sebesar 0,65 sehingga soal termasuk soal yang belum berkualitas baik dari segi Reliabilitas. (3) Tingkat Kesukaran soal menunjukkan 12 butir atau 30% tergolong sukar, 20 butir atau 50% tergolong sedang, dan 8 butir atau 20% tergolong mudah sehingga soal termasuk soal yang berkualitas baik dari Tingkat Kesukaran. (4) Daya Pembeda soal menunjukkan 6 butir atau 15% memiliki daya pembeda tidak baik, 10 butir atau 25% memiliki daya pembeda jelek, 11 butir atau 27,5% memiliki daya pembeda cukup, 13 butir atau 32,5% memiliki daya pembeda baik, dan tidak ada butir soal yang memiliki daya pembeda sangat baik sehingga soal termasuk soal yang berkualitas baik dari segi Daya Pembeda. (5) Efektivitas Pengecoh soal menunjukkan 19 butir atau 47,5% memiliki pengecoh sangat baik, 14 butir atau 35% memiliki pengecoh baik, 2 butir atau 5% memiliki pengecoh yang cukup baik, 4 butir atau 10% memiliki pengecoh yang kurang baik, dan 1 butir atau 2,5% memiliki pengecoh tidak baik sehingga soal termasuk soal yang berkualitas baik dari segi Efektivitas Pengecoh.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis Butir Soal, Ekonomi Akuntansi, MAN Wonokromo Bantul
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 20 Feb 2017 00:45
Last Modified: 30 Jan 2019 13:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47174

Actions (login required)

View Item View Item