EVALUASI PROGRAM ASESMEN BAGI ANAK TUNADAKSA DI SEKOLAH LUAR BIASA GANDA DAYA ANANDA

Isti, Nurhidayati (2016) EVALUASI PROGRAM ASESMEN BAGI ANAK TUNADAKSA DI SEKOLAH LUAR BIASA GANDA DAYA ANANDA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ISTI NURHIDAYATI_12103244039.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program asesmen bagi anak tunadaksa dengan melihat kesenjangan antara kondisi lapangan dengan kriteria dari para ahli. Pada penelitian ini difokuskan pada (1) pelaksanaan program asesmen bagi anak tunadaksa, (2) tim pelaksana asesmen, 3) sarana dan prasarana penunjang asesmen bagi anak tunadaksa, dan (4) kendala yang dihadapi selama program asesmen berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan discrepancy model yang dikembangkan oleh Malcolm Provus. Penelitian ini dilakukan di SLB G Daya Ananda dari November sampai Desember 2015. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, tim pelaksana asesmen, dan guru di sekolah. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pada penelitian ini yaitu peneliti. Analisis data yang digunakan bersifat kualitatif dengan tahapan reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan uji kredibilitas (perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi), uji transferability, uji dependability, dan uji konfirmability. Hasil penelitian menyatakan bahwa : (1) pada pelaksanaan program asesmen terdapat beberapa aspek yang sudah memenuhi kriteria yang meliputi model asesmen, teknik asesmen, dan analisis data hasil, walaupun masih pada asesmen umum belum lebih spesifik pada asesmen tunadaksa. Terdapat pula yang belum memenuhi kriteria meliputi persiapan, pelaksanaan, diagnosis dan tindak lanjut serta pencatatan dan penyimpanan hasil asesmen. (2) tim pelaksana asesmen belum memenuhi kriteria tim karena belum mempunyai pengalaman dan belum melibatkan ahli lain atau orang tua. (3) sarana dan prasarana secara keseluruhan sudah baik, tetapi masih ada yang kurang memenuhi kriteria yang meliputi ruangan asesmen sempit dan pencahayaan kurang, instrumen yang digunakan belum spesifik pada asesmen tunadaksa, penggunaan bahasa kurang mengeksplorasi anak, dan media yang digunakan kurang sesuai dengan kebutuhan anak. (4) kendala dalam pelaksanaan asesmen meliputi pembagian waktu, pengetahuan yang kurang, belum ada MOU dengan ahli lain, dan ruangan asesmen yang sempit serta terdapat anggota tim yang alot dalam proses analisis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 17 Feb 2017 07:43
Last Modified: 30 Jan 2019 13:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47166

Actions (login required)

View Item View Item