PENERAPAN METODE GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NETRAL D YOGYAKARTA

Shalihah, Tri Rahmawati (2017) PENERAPAN METODE GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NETRAL D YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Tri Rahmawati Shalihah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan proses Sains mengamati, mengklasifikasi, memprediksi, mengukur, menyimpulkan dan mengkomunikasikan siswa kelas V SD Netral D Yogyakarta dengan menggunakan metode Guided Discovery. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif. Subyek penelitian ini adalah 25 siswa kelas V SD Netral D. Obyek penelitian ini adalah keterampilan proses sains mengamati, mengklasifikasi, memprediksi, mengukur, menyimpulkan dan mengkomunikasikan melalui metode Guided Discovery pada materi cahaya dan sifat-sifat. Model penelitian menggunakan model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini terdiri atas dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas keterampilan proses siswa dan aktivitas guru dalam menggunkan metode Guided Discovery saat pembelajaran berlangsung dengan menggunkan pedoman observasi. Penilaian tes hasil belajar meggunakan soal tes pada pertemuan terakhir disetiap siklus. Teknis analisis data yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan adalah 75% siswa memiliki keterampilan proses dengan nilai rata-rata minimal 75. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas V SD Netral D Yogyakarta setelah menggunakan metode guided discovery. Keterampilan proses pada tahap pratindakan diperoleh rata-rata 35,56%, pada siklus I menjadi 60,64% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 77,89%. Penggunaan metode Guided Discovery hingga siklus II diperoleh > 75% dari seluruh siswa mencapai kriteria tinggi dalam keterampilan proses sains dan 75% siswa mendapat nilai tes ≥ 75 saat siklus II, sehingga pembelajaran dengan menggunakan metode Guided Discovery dinyatakan memenuhi kriteria keberhasilan. Kata Kunci: metode guided discovery, keterampilan proses sains.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Feb 2017 07:39
Last Modified: 30 Jan 2019 13:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47149

Actions (login required)

View Item View Item