PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MENGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA KELAS IVA SEKOLAH DASAR NEGERI GEDONGKIWO YOGYAKARTA

Sailo, Irawati (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MENGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA KELAS IVA SEKOLAH DASAR NEGERI GEDONGKIWO YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Irawati Sailo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis narasi, dan meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi melalui model contextual teaching and learning siswa kelas IVA SD Negeri Gedongkiwo Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Desain penelitian yang digunakan yaitu model Kemmis dan Mc Tanggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA SD Negeri Gedongkiwo Yogyakarta sebanyak 23 siswa. Objek penelitian ini keterampilan menulis karangan narasi.Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) observasi, 2) tes, dan 3) dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa. Peningkatan didasarkan pada hasil pra-tindakan yang menunjukkan kesulitan dalam keterampilan menulis narasi. Pada siklus I, siswa sudah terlibat aktif dalam pembelajaran, seperti siswa melakukan kegiatan diskusi dan tidak ragu untuk menyampaikan pendapatnya. Siklus II, peningkatan menjadi lebih maksimal, semakin banyak siswa yang tidak ragu untuk menyampaikan pendapatnya dan kegiatan diskusi yang semakin terkondisi. Peningkatan proses dapat dilihat persentase aktivitas siswa dari pra-tindakan memperoleh 67,5% yang termasuk kategori cukup, siklus I meningkat menjadi 75,83% kategori baik, siklus II meningkat menjadi 86,67% kategori sangat baik. Sedangkan, peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dapat dilihat dari hasil menulis siswa dari rerata 60,60 pada pra-tindakan kategori cukup, menjadi 73,82 pada siklus I kategori baik, dan menjadi 81,39 pada siklus II kategori baik. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa model Contextual teaching and learning dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV. Kata kunci: keterampilan menulis karangan narasi, model contextual Teaching and learning, siswa kelas IV SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Feb 2017 07:13
Last Modified: 30 Jan 2019 13:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47117

Actions (login required)

View Item View Item