Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Terintegrasi Learning Together pada Materi Pokok Hukum Dasar dan Stoikiometri untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa SMA/MA.

Ulfa, Andi Maria (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Terintegrasi Learning Together pada Materi Pokok Hukum Dasar dan Stoikiometri untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa SMA/MA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-andi-maria-ulfa-14728251012.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) karakteristik media pembelajaran kimia berbasis android pada materi hukum dasar dan stoikiometri untuk siswa SMA/MA, (2) kelayakan media pembelajaran kimia berbasis android pada materi hukum dasar dan stoikiometri untuk siswa SMA/MA, (3) perbedaan peningkatan kreativitas dan hasil belajar kognitif antara siswa SMA/MA yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran kimia berbasis android terintegrasi learning together dan siswa SMA/MA yang diajar dengan pembelajaran learning together tanpa media pembelajaran berbasis android. Penelitian ini merupakan research and development (R&D). Pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan mengadaptasi pada model Borg & Gall dan Dick & Carey yang dimodifikasi menjadi lima bagian yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk, evaluasi produk, ujicoba produk, dan diseminasi. Penilaian produk dilakukan oleh satu ahli media, satu ahli materi kimia, lima peer reviewer dan lima pendidik kimia. Uji coba produk dilakukan kepada siswa kelas X SMA/MA dengan rincian 6 siswa SMAN 1 Jetis untuk uji coba perorangan, 18 siswa SMAN Jetis untuk uji coba kelompok kecil, dan 28 siswa kelas X SMAN 1 Kasihan untuk uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian media, angket kreativitas, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran kimia berbasis android memiliki karakteristik relevan, visualisasi yang jelas dan menarik, dan fleksibel; (2) media pembelajaran kimia berbasis android pada materi hukum dasar dan stoikiometri kimia yang telah dikembangkan dinilai layak digunakan dalam pembelajaran ditinjau dari penilaian aspek materi dan aspek media, dan hasil uji coba siswa; serta (3) terdapat perbedaan peningkatan kreativitas dan hasil belajar kognitif antara siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran kimia berbasis android terintegrasi learning together dan siswa yang diajar dengan pembelajaran learning together tanpa media pembelajaran berbasis android.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Kreativitas, Hasil Belajar, Stoikiometri.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Feb 2017 04:12
Last Modified: 09 May 2019 07:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47109

Actions (login required)

View Item View Item