UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK SISWA KELAS IV A SDN SINDUADI 1 SLEMAN

Muliastuti, Putri (2017) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK SISWA KELAS IV A SDN SINDUADI 1 SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Putri Muliastuti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV A SDN Sinduadi 1 Sleman dengan menggunakan metode Mind Mapping, 2) meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV A SDN Sinduadi 1 Sleman dengan menggunakan metode Mind Mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian adalah 34 siswa kelas IV A SDN Sinduadi 1 Sleman yang terdiri dari 13 siswi perempuan dan 21 siswa laki-laki. Desain penelitian ini mengacu pada penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi dan 4) refleksi. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Mind Mapping dapat meningkatkan proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Sejarah) di kelas IV A SDN Sinduadi 1 Sleman. Hal tersebut ditandai dengan keaktivan dan antusiasme siswa saat mengikuti pembelajaran di kelas. Siswa aktif dalam bertanya maupun menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Meningkatnya prestasi belajar siswa terlihat dari siklus I pertemuan I dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa (17,65%) dengan rata-rata nilai 66,61, dan siklus I pertemuan II jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 13 siswa (38,24%) dengan rata-rata nilai 72,50, dan meningkat pada siklus II pertemuan I dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa (58,82%) dengan rata-rata nilai 77,35 dan pada siklus II pertemuan II jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 32 siswa (94,12%) dengan rata-rata nilai 92,05. Kata Kunci: metode Mind Mapping, meningkatkan prestasi belajar siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Feb 2017 04:10
Last Modified: 30 Jan 2019 13:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47108

Actions (login required)

View Item View Item