PENGEMBANGAN MEDIA FLIPCHART GEMAR MAKAN IKAN UNTUK PEMBELAJARAN DI RA MUSLIMAT NU SOKORINI 2 KABUPATEN MAGELANG

Latifah, Umu (2017) PENGEMBANGAN MEDIA FLIPCHART GEMAR MAKAN IKAN UNTUK PEMBELAJARAN DI RA MUSLIMAT NU SOKORINI 2 KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Umu Latifah_09105241038..pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan media Flipchart “Gemar Makan Ikan” untuk pembelajaran di RA Muslimat NU Sokorini 2 Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan langkah penelitian pengembangan dari Borg and Gall. Langkah pertama adalah melakukanstudi pendahuluan, dilanjutkan pengembangan produk dengan melakukan produksi dan validasiahli materi serta ahli media. Langkah selanjutnya adalah melakukanuji coba produk melalui tiga tahapan, yaitu uji coba lapangan awal, uji coba lapangan utama dan uji coba lapangan operasional yang dilaksanakan di RA Muslimat NU Sokorini 2. Data awal dikumpulkan menggunakan observasi dan wawancara singkat, sedangkan data uji validasi dikumpulkan menggunakan angket. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif pada saat mencari data awal dan analisis deskriptif kuantitatif pada pengumpulan data menggunakan angket. Penelitian pengembangan menghasilkan media Flipchart “Gemar Makan Ikan” berbahan kertas ivory 260 gram dan kertas karton dan berisi materi cerita, macam-macam ikan, habitat ikan, dan manfaat makan ikan. Berdasarkan proses validasi ahli materi dari Jurusan PG-PAUD, ahli media pembelajaran dari Jurusan Teknologi Pendidikan, guru dan siswa di RA Muslimat NU Sokorini 2 sebagai subjek uji lapangan serta pengguna produk, dapat disimpulkan bahwa media flipchart “Gemar Makan Ikan” yang dikembangkan “Baik” untuk digunakan dalam proses pembelajaran pada tema “Makhluk Hidup” dengan subtema “Gemar Makan Ikan” RA Muslimat NU Sokorini 2. Hasil dari uji coba lapangan juga menyatakan bahwa siswa sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran tema “Gemar Makan Ikan, siswa belajar memahami tentang dunia ikan seperti jenis ikan, habitat ikan, dan manfaat makan ikan. Hal itu didukung dengan hasil observasi dan wawancara yang menunjukan bahwa siswa sangat antusias pada proses pembelajaran. Katakunci: Media Flipchart, Gemar Makan Ikan, Pembelajaran di RA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 16 Feb 2017 06:05
Last Modified: 30 Jan 2019 13:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47103

Actions (login required)

View Item View Item