PENGGUNAAN MEDIA CD INTERAKTIF SMART EDUMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 1 TANGGULANOM KECAMATAN SELOPAMPANG KABUPATEN TEMANGGUNG

Kurniawan, Ardi (2017) PENGGUNAAN MEDIA CD INTERAKTIF SMART EDUMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 1 TANGGULANOM KECAMATAN SELOPAMPANG KABUPATEN TEMANGGUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Ardi Kurniawan_10105244016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran CD Interaktif untuk meningkatkan hasil belajar bangun datar pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 1 Tanggulanom Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 1 Tanggulanom sebanyak 19 siswa. Penelitian terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pra siklus terdiri atas 2 pertemuan, siklus pertama terdiri atas 2 pertemuan, dan siklus kedua terdiri atas 2 pertemuan. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes tertulis. Validitas menggunakan validitas isi, konstruk, dan butir soal dengan rumus korelasi produk momen, sedangkan reliabilitasnya menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran CD Interaktif mampu meningkatkan hasil belajar bangun datar pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 1 Tanggulanom Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Hal tersebut ditunjukkan dari terjadinya peningkatan ketuntasan belajar siswa pada keadaan awal siswa sebanyak 4 siswa (21,05%), pada siklus I sebanyak 14 siswa (73,68%), dan pada siklus II sebanyak 19 siswa (100,00%). Kata kunci: Hasil Belajar, Materi Bangun Datar, Matematika, Media CD Interaktif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 16 Feb 2017 06:05
Last Modified: 30 Jan 2019 13:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47102

Actions (login required)

View Item View Item