PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK SISTEM OPERASI ANDROID MATERI PRODUKSI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO UNTUK MAHASISWA PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Satya Bangsa, Ashareo Zhasindy Anas (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK SISTEM OPERASI ANDROID MATERI PRODUKSI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO UNTUK MAHASISWA PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Ashareo Zhasindy Anas Satya Bangsa_12105241051.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif untuk sistem operasi android materi produksi media pembelajaran audio yang layak dan dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa Teknologi Pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan (research and development) Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi 9 tahap. Subjek uji coba sebanyak 35 mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Diuji coba sebanyak 3 tahap, tahap uji coba lapangan awal 5 mahasiswa, uji coba lapangan 10 mahasiswa, dan uji coba pelaksanaan lapangan 20 mahasiswa. Teknik dan pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, serta pre test dan post test. Data dianalisis menggunakan metode dekriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif untuk sistem operasi android tersebut layak untuk digunakan, hal ini dibuktikan dari hasil penilaian produk yang telah dilakukan ahli materi menunjukkan bahwa multimedia interaktif untuk sistem operasi android materi produksi media pembelajaran audio dinyatakan sangat baik (4,82), hasil penilaian produk ahli media menunjukkan bahwa multimedia interaktif untuk sistem operasi android materi produksi media pembelajaran audio dinyatakan sangat baik (4,32), hasil uji coba lapangan awal menyatakan baik (3,86), hasil uji coba lapangan menyatakan baik (4,04) dan hasil uji coba pelaksanaan lapangan menyatakan sangat baik (4,35). Adanya peningkatan nilai pre test dan post test sebesar 42,86% menunjukkan adanya peningkatan pemahaman mahasiswa Teknologi Pendidikan pada materi produksi media pembelajaran audio. Kata kunci: Multimedia Interaktif, Android, Produksi media audio, Teknologi Pendidikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 16 Feb 2017 06:05
Last Modified: 30 Jan 2019 13:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47099

Actions (login required)

View Item View Item