PENGEMBANGAN MODUL POP-UP MUATAN LOKAL BAHASA JAWA “WAYANG PANDAWA” UNTUK KELAS III SD NEGERI KOTAGEDE I YOGYAKARTA

Kuswardani, Vivi Isniati (2017) PENGEMBANGAN MODUL POP-UP MUATAN LOKAL BAHASA JAWA “WAYANG PANDAWA” UNTUK KELAS III SD NEGERI KOTAGEDE I YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Vivi Isniati k_12105244026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul pop-up muatan lokal bahasa jawa “wayang pandawa” yang layak untuk siswa kelas III SD, yang dapat digunakan sebagai penunjang sumber belajar dalam pembelajaran bagi guru maupun bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan (research and development) Borg & Gall. Pengembangan media pembelajaran ini dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu: studi pendahuluan dan pengumpulan informasi, melakukan perencanaan, melakukan pengembangan produk awal, melakukan uji coba lapangan awal, revisi produk I hasil uji coba lapangan awal, melakukan uji coba lapangan, revisi II hasil uji coba lapangan, melakukan uji coba pelaksanaan lapangan, penyempurnaan produk akhir. Subjek uji coba adalah siswa kelas III SD Negeri Kotagede I Yogyakarta, yang terdiri dari uji coba lapangan awal 4 siswa, uji coba lapangan 8 siswa, uji coba pelaksanaan lapangan 16 siswa. Teknik dan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengembangkan modul pop-up yang layak menggunakan 9 tahapan pengembangan menurut Brog & Gall. Modul ini telah layak untuk digunakan, hal ini dibuktikan dari hasil penilaian produk yang telah dilakukan oleh ahli materi menunjukkan bahwa modul pop-up dinyatakan sangat baik dengan rerata skor 4,6, hasil penilaian produk oleh ahli media menunjukkan bahwa modul pop-up “wayang pandhawa” dinyatakan sangat baik dengan rerata skor 4,6, hasil uji coba lapangan awal dinyatakan layak dengan rerata skor 0,93, hasil uji coba lapangan dinyatakan layak dengan rerata skor 0,98 dan hasil uji coba pelaksanaan lapangan dinyatakan layak dengan rerata skor 1. Berdasarkan hasil dari uji kelayakan tersebut, pop-up muatan lokal bahasa jawa “wayang pandawa” yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran bahasa Jawa di kelas III SD Negeri Kotagede I Yogyakarta. Kata kunci: Pengembangan modul, Pop-up, Bahasa jawa, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 16 Feb 2017 06:05
Last Modified: 30 Jan 2019 13:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47096

Actions (login required)

View Item View Item