PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD N SABDODADI KEYONGAN

Marfianingsih, Marfianingsih (2017) PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD N SABDODADI KEYONGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Marfianingsih_12105241012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran IPA kelas IV SDN Sabdodadi Keyongan.Perbaikan proses pembelajaran meliputi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Data berupa hasil observasi diolah dengan analisis kualitatif, sedangkan data berupa hasil tes diolah dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkanbahwa penggunaan pendekatan CTLdapat meningkatkan aktivitas siswa dan memperbaiki proses pembelajaran. Siswa mulai berani untuk berpendapat, bertanya, dan memberi saran dengan bimbingan guru. Siswa mampu mengkonstruksi pengalaman sehari-harinya dan menghubungkannya dengan materi terkait. Siswa mudah memahami materi IPA dengan mengkonstruksi sendiri pengetahuan yang didapatnya dari hasil percobaan kemudian dibimbing guru untuk mengaitkan dengan materi terkait. Guru sudah membimbing siswa untuk dapat mengkonstruksi pengetahuannya, membantu menemukan dan membimbing siswa dalam mencari jawaban percobaan, dan mengarahkan siswa untuk menemukan sendiri pengetahuan barunya. Hal ini terbukti dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa dari 6,92 pra tindakan menjadi 7,25 setelah siklus I dan 8,14 pada siklus II. Persentase jumlah siswa yang mencapai KKM juga mengalami kenaikan dari 28,57% pra tindakan menjadi 42,86% pada siklus I dan 71,42 % pada siklus II. Kata kunci: pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning, kualitas pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 16 Feb 2017 06:05
Last Modified: 30 Jan 2019 13:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47094

Actions (login required)

View Item View Item