PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN JAM HITUNG BILANGAN BULAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 4 DI SD N 3 BANJAREJO KECAMATAN PURING DAN SD N SUGIHWARAS KECAMATAN ADIMULYO KABUPATEN KEBUMEN

Adipriyadi, Yusup Fitra (2017) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN JAM HITUNG BILANGAN BULAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 4 DI SD N 3 BANJAREJO KECAMATAN PURING DAN SD N SUGIHWARAS KECAMATAN ADIMULYO KABUPATEN KEBUMEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
YUSUP FITRA ADIPRIYADI_09105244007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Jam Hitung Bilangan Bulat dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi operasi bilangan bulat pada kelas IV SD N Sugihwaras Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen. Subjek dalam penelitian ini adalah hasil belajaran siswa-siswi SD N Sugihwaras, yang beralamatkan di Jalan Kaleng Km 5, Desa Sugihwaras, Kecamatan Adimulyo, Kabupaten Kebumen. Objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran Jam Hitung Bilangan Bulat mata pelajaran matematika subkonsep operasi bilangan bulat untuk kelas IV sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah quasi experiment. Desain yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Uji validitas dan reliabilitas soal dilaksanakan di kelas IV SD N I Sale, Rembang dengan perhitungan kurikulum yang digunakan sama. Prosedur pelaksaan eksperimen yakni tahap pra eksperimen, tahap eksperimen dan tahap pasca eksperimen. Analisis data hasil penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif dengan bantuan SPSS for Windows ver. 16.0.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest sebelum diberi treatment sebesar 6,8 termasuk dalam kategori baik. Setelah diberikan treatment, nilai rata-rata yang di dapat mencapai 8,05 dan masuk kedalam kategori sangat baik. Terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 1,25. Sedangkan untuk persentse ketuntasan hasil belajar sebelum diberi treatment sebesar 27,7%, menjadi 94,4% setelah diberikan treatment. Penggunaan media pembelajaran Jam Hitung Bilangan Bulat memberikan peningkatan ketuntasan klasikal siswa, hal tersebut terlihat dari meningkatnya persentse ketuntasan siswa sebesar 66,7%. Maka dapat dikatakan bahwa media pembelajaran Jam Hitung Bilangan Bulat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD N Sugihwaras terlihat dari meningkatnya nilai rata-rata tes siswa dan meningkatnya presentse ketuntasan klasikal siswa. Kata kunci: media pembelajaran, jam hitung, pembelajaran, hasil belajar, matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 16 Feb 2017 06:05
Last Modified: 16 Feb 2017 06:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47093

Actions (login required)

View Item View Item