PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN PAPAN KARTU SINAU AKSARA JAWA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Mukaromah, Laelatul (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN PAPAN KARTU SINAU AKSARA JAWA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
LAELATUL MUKAROMAH_12105244034.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media kartu Sinau Aksara Jawa yang layak untuk pembelajaran bahasa Jawa siswa Sekolah Dasar. Karakteristik permainan pada media ini adalah menyusun aksara Jawa dengan papan dan kartu yang telah disediakan. Melalui media ini siswa dapat berlatih membaca dan menulis aksara Jawa yang menggunakan sandhangan payigeg wanda. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan yang mengadopsi langkah-langkah Borg dan Gall (1983). Sembilan langkah yang ditempuh meliputi penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draft produk, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba lapangan awal, uji coba lapangan utama, uji coba pelaksanaan operasional, penyempurnaan produk akhir. Produk diuji cobakan kepada siswa melalui tiga tahap yaitu uji coba lapangan awal kepada 4 siswa, uji coba lapangan utama kepada 8 siswa dan uji coba pelaksanaan operasional kepada 16 siswa. Kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian ahli materi, ahli media dan siswa SD N Tanjungharjo sebagai subjek uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data berupa deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa media kartu Sinau Aksara Jawa (SIRAJA) yang telah dikembangkan melalui serangkaian uji coba serta validasi ahli dinyatakan layak. Hal ini didukung oleh penilaian ahli materi dengan rata-rata skor 4,3 termasuk dalam kategori layak, penilaian ahli media dengan rata-rata skor 4,4 termasuk dalam kategori layak, uji coba lapangan awal mendapatkan presentase 88,89% termasuk dalam kategori layak, Uji coba lapangan utama mendapatkan presentase 95,83% termasuk dalam kategori layak dan uji coba lapangan operasional mendapatkan presentase 97,91% termasuk dalam kategori layak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media Sinau Aksara Jawa untuk pembelajaran siswa kelas V SD N Tanjungharjo Kulonprogo Yogyakarta layak digunakan. Kata Kunci: Media SIRAJA, Aksara Jawa, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 16 Feb 2017 05:52
Last Modified: 30 Jan 2019 13:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47092

Actions (login required)

View Item View Item