Ratna, Wardani, M.T. and Umi, Rochayati, Dra., M.T and Lukito Edi, Nugroho (2016) e-BOOK INTERAKTIF SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MOBILE APPLICATION. Artikel Penelitian Fundamental.
|
Text
FUND.pdf Download (225kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengembangkan kapabilitas e-Book dalam menangani aspek diskusi dimana interaksi pembelajaran dapat dilakukan. Untuk tujuan tersebut, penelitian ini melakukan redefinisi terhadap struktur suatu e-Book. Redefinisi struktur yang dimaksud adalah pengembangan konsep dimana sebuah e-Book tidak hanya diperlakukan sebagai kumpulan gambar, video dan teks, melainkan kumpulan obyek-obyek. Obyek-obyek yang dimaksud dapat berupa teks, paragraph, bagian dari e-book, chapter, table, gambar dan lain-lain yang masing-masing obyek dapat mewakili suatu topik dalam diskusi. Penelitian ini mengembangkan kemampuan e-book tidak hanya sebagai penampil konten digital. Pada penelitian ini diusulkan framework yang mengenalkan model interaksi ke dalam suatu e-book. Model yang dikembangkan akan bisa menjadi platform bagi pengembangan e-book dengan fitur yang lebih dinamis untuk menghubungkan pengguna dengan lingkungan belajar yang dinamis. Melalui platform ini, dimungkinkan pengembangan e-book dengan penambahan fitur personal learning. Untuk menggambarkan model interaksi yang diusulkan, digunakan skenario untuk menunjukkan bagaimana model interaksi diimplementasikan dalam e-book untuk meningkatkan aspek kolaborasi dan efektifitas proses pembelajaran menggunakan e-book yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research & Deveopment (R&D), mengikuti metodologi rekayasa perangkat lunak dengan pendekatan object-oriented. Tahapan pengembangan meliputi: (i) Inception, digunakan dalam analisis kebutuhan; (ii) Elaboration, digunakan untuk desain model aplikasi e-Book interaktif sebagai aplikasi pembelajaran; (iii) Construction, digunakan untuk mengimplementasikan desain e-book sebagai platform pembelajaran berdasarkan model interaksi yang diusulkan, (iv) Pengujian terhadap model yang dikembangkan dilakukan melalui serangkaian skenario pada skala simulasi laboratorium. Pencapaian dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan aplikasi e-Book interaktif. Hasil produk telah diuji untuk mendapatkan aplikasi yang memiliki kualitas yang baik. Hasil ini dapat digunakan sebagai platform interaksi untuk mengembangkan e-book untuk proses pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Laporan Hasil Penelitian Fundamental 2016 |
Uncontrolled Keywords: | lingkungan belajar yang dinamis, model interaksi, personal learning |
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 14 Feb 2017 06:56 |
Last Modified: | 14 Feb 2017 06:56 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47071 |
Actions (login required)
View Item |