LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SLB AUTISME DIAN AMANAH SARIHARJO, KECAMATAN NGAGLIK, KABUPATEN SLEMAN, PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

DAMAYANTI NAHAMPUN, DAMAYANTI NAHAMPUN (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SLB AUTISME DIAN AMANAH SARIHARJO, KECAMATAN NGAGLIK, KABUPATEN SLEMAN, PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DAMAYANTI NAHAMPUN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kulaih yang wajib ditempuh oleh mahasiswa pendidikan. PPL mempunyai misi sebagai sarana pembentukan dan peningkatan kemampuan keprofesional. Program Pengalaman Lapangan merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan beragam teori yang mereka terima di perkuliahan. Oleh karena itu, pada saat PPL mahasiswa berkesempatan mempraktikkan teori-teori tersebut dan sekaligus menimba ilmu secara langsung, tidak hanya sekedar memiliki ilmu pengetahuan namun juga mampu mengembangkan dan merealisasikan ilmu tersebut dalam dunia yang nyata. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan dunia kerja. Kegiatan PPL merupakan pelaksanaan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa yaitu dalam bidang pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2016 yang berlokasi di SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta, pelaksanaannya mulai tanggal 15 Juli2016 sampai tanggal 15 September 2016. Program kegiatan PPL dimulai dari kegiatan observasi kelas dan peserta didik. Pemilihan materi, penyusunan media pembelajaran, persiapan media pembelajaran sampai dengan pelaksanaan praktik mengajar di kelas dikonsultasikan dengan DPL dan juga guru pembimbing. Selain itu, mahasiswa juga menyiapkan penilaian ke siswa serta mengadakan tes unjuk kerja dikelas. Kegiatan mengajar menggunakan metode ABA, metode driil dan pemberian tugas. Media yang digunakan pada saat mengajar adalah gambar, music box, benda-benda disekitar siswa, puzzle dimana siswa dapat mengekspresikan dirinya melalui gambar, warna, dan musik. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat bekal pangalaman dan gambaran yang nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan. Adanya kerja sama, kerja keras, dan sikap disiplin menjadi pendukung terlaksananya program-program PPL dengan baik. Dengan terselesaikanya kegiatan PPL ini diharapkan dapat terciptanya tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: praktik pengalaman lapangan; siswa; pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Feb 2017 06:21
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47066

Actions (login required)

View Item View Item