Winuhasih, Woro (2016) Pengembangan Media Filmstrip untuk Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi pada Peserta Didik Kelas VII SMP. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-woro-winuhasih-13706259029.pdf Restricted to Registered users only Download (33MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki empat tujuan. Tujuan pertama, mengidentifikasi kebutuhan peserta didik dan guru terkait pembelajaran menulis teks eksplanasi, kedua, mengembangkan produk media pembelajaran sesuai dengan analisis kebutuhan, ketiga, memvalidasikan produk awal media kepada ahli, dan keempat, melakukan uji coba produk media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang mengacu pada langkah model pengembangan Borg & Gall, yang dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, dan (4) uji coba. Uji coba lapangan dilaksanakan melalui desain uji beda dengan dua kali pengukuran (prates-pascates) pada populasi yang sama (Paired Sample T-Test) dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi selama tujuh kali pertemuan dengan tujuh materi yang berbeda. Subjek uji coba lapangan 60 peserta didik. Data dikumpulkan dengan: (1) analisis kebutuhan melalui wawancara, observasi, angket, dan pengambilan sampel kemampuan menulis teks eksplanasi peserta didik; (2) validasi ahli; (3) observasi dan prates-pascates; (4) angket respon peserta didik untuk mengetahui persepsi mereka setelah melaksanakan pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan media filmstrip yang dikembangkan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Kebutuhan meliputi ketersedian media pembelajaran menulis yang menarik, tepat, memudahkan, dan memotivasi peserta didik untuk melaksanakan pembelajaran menulis teks eksplanasi. Kelemahan peserta didik adalah kekurangmampuan menemukan dan mengembangkan ide menjadi paragraf yang baik. Keinginan guru dan peserta didik meliputi ketersediaan media pembelajaran menulis yang menarik, mampu memunculkan dan mengembangkan ide menjadi paragraf teks eksplanasi. (2) Produk pengembangan ini adalah media filmstrip yang berisi tujuh materi fenomena alam untuk pembelajaran menulis teks eksplanasi yang dikemas dalam CD (Compact Disk). Setiap filmstrip berjumlah sepuluh gambar disertai narasi teks dan rekaman audio dengan durasi yang dapat diatur sesuai kebutuhan. Setiap materi digunakan untuk 1 kali pertemuan (2 x 40 menit) dengan rincian 10 menit untuk pendahuluan, dan 70 menit untuk kegiatan pembelajaran dengan media. (3) Hasil validasi ahli materi terhadap produk media filmstrip pada kategori “sangat baik” dengan skor rata-rata 4,39; validasi ahli media terhadap media filmstrip pada kategori “baik”, dengan skor rata-rata 4,00; dan validasi pengguna terhadap media filmstrip pada kategori “sangat baik” dengan skor rata-rata 4,48. (4) Produk akhir memenuhi kualifikasi kelayakan produk, yang ditunjukkan dengan hasil angket respon peserta didik bahwa media filmstrip yang dikembangkan pada kategori “sangat baik” pada aspek tampilan dengan skor rata-rata 4,38, aspek penyajian pada kategori “baik” dengan skor rata-rata 4,10, dan aspek manfaat pada kategori “sangat baik” dengan skor rata-rata 4,30. Selama pelaksanaan uji coba, tidak ada kendala yang dihadapi, hanya sedikit permasalahan teknis operasional media karena guru belum mempelajari petunjuk dengan seksama, namun semua dapat teratasi. Hasil uji coba juga menunjukkan bahwa media yang dikembangkan efektif untuk pembelajaran menulis teks eksplanasi yang dibuktikan dengan uji statistik uji beda dengan dua kali pengukuran (Paired Sample T-Test) yang diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,00 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 sehingga media filmstrip efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi bagi peserta didik kelas VII SMP. Media filmstrip ini masih dapat diperbaiki lagi jika dalam pelaksanaan uji pelaksanaan lapangan selanjutnya terdapat hal-hal yang perlu diperbaiki.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, media filmstrip, menulis teks eksplanasi |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 14 Feb 2017 02:59 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 03:35 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47062 |
Actions (login required)
View Item |