Evaluasi Kinerja Guru pada Sekolah Menengah Pertama sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di Kota Yogyakarta

Suyanti, Suyanti (2009) Evaluasi Kinerja Guru pada Sekolah Menengah Pertama sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-suyanti-07703251014.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja guru di SMP rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di Kota Yogyakarta, dipandang dari empat kompetensi, yaitu: (1) kompetensi pedagogik, (2) kompetensi kepribadian, (3) kompetensi sosial, (4) kompetensi profesional Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model Goal Oriented Evaluation Model. Subjek penelitian adalah 2 orang kepala sekolah, 54 orang guru kelas RSBI, dan 120 siswa kelas RSBI pada SMPN 5 dan SMPN 8 kota Yogyakarta. Data dikumpulkan menggunakan metode angket, lembar observasi, lembar penilaian, dokumentasi dan wawancara. Validasi instrumen dilakukan dengan validitas isi dan validitas konstruk. Reliabilitas instrumen di analisis menggunakan rumus Alpha Cronbach. Indeks/koefisien reliabilitas instrumen data isian guru sebesar 0,941, dan data isian siswa sebesar 0,784. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis deskriptif kuantitatif menunjukkan bahwa guru SMP RSBI di Kota Yogyakarta memiliki kinerja dengan kategori tinggi. Dari empat kompetensi, tiga kompetensi mendapatkan penilaian tinggi, yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, dan kompetensi sosial, sedangkan kompetensi profesional mendapatkan penilaian cukup. Kompetensi kepribadian menurut persepsi siswa termasuk dalam kategori cukup, menurut penilaian diri masuk pada kategori tinggi, dan menurut penilaian kepala sekolah juga berada dalam kategori tinggi. Kompetensi Pedagogik menurut persepsi siswa masuk pada kategori tinggi, menurut penilaian diri masuk pada kategori tinggi, dan menurut penilaian kepala sekolah berada dalam kategori sangat tinggi. Kompetensi sosial menurut persepsi siswa masuk dalam kategori tinggi, menurut penilaian diri masuk pada kategori tinggi, dan menurut penilaian kepala sekolah juga berada dalam kategori tinggi. Kompetensi profesional menurut persepsi siswa masuk pada kategori cukup, menurut penilaian diri juga berada pada kategori cukup, dan menurut penilaian kepala sekolah masuk dalam kategori tinggi. Kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan tugas profesionalnya, yaitu (a) kemampuan berbahasa Inggris belum memadai baik secara lisan maupun tulis, (b) penguasaan ICT belum memadai, (c) Pemilihan bahan ajar yang belum sesuai untuk siswa kelas RSBI, (d) Koneksi jaringan internet yang belum ada di dalam kelas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kinerja guru
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 30 Aug 2012 13:28
Last Modified: 29 Jan 2019 04:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4706

Actions (login required)

View Item View Item