HUMAN DEVELOPMENT DALAM PENDIDIKAN PERSEKOLAHAN PASCA ORDE BARU (Suatu studi tentang praksis pendidikan pada lembaga persekolahan swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta)

Mulyo Prabowo, Drs. M.Pd (2016) HUMAN DEVELOPMENT DALAM PENDIDIKAN PERSEKOLAHAN PASCA ORDE BARU (Suatu studi tentang praksis pendidikan pada lembaga persekolahan swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta). Artikel Penelitian Disertasi Doktor.

[img]
Preview
Text
Untitled1.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam tentang perspektif human development pada lembaga pendidikan persekolahan, sekaligus juga menganalisis tentang praksis pendidikan sekolah di bawah naungan lembaga persekolahan swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode induktif-kualitatif dengan pendekatan historis-filosofis dan reflektif. Tempat penelitian ini empat tempat, yaitu Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa, SD Taman Muda Ibu Pawiyatan TAMANSISWA, Yayasan Pendidikan Kristen BOPKRI, dan SD BOPKRI Gondolayu Yogyakarta. Subyek penelitian ini adalah pengurus lembaga/ yayasan pendidikan swasta, kepala sekolah, guru kelas, dan orang tua/ wali siswa. Obyek penelitian ini adalah perpektif human development pada lembaga/ yayasan persekolahan swasta dan praksis pendidikan sekolah di bawah naungan lembaga/ pendidikan swasta tersebut.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis induktif data dari lapangan, antara lain data hasil catatan lapangan, dokumentasi, dan wawancara dikelompokkan secara kategorial, kemudian dilakukan analisis data secara kualitatif-refleksif. Hasil penelitian ini adalah: 1)Terkait dengan Praksis pendidikan dalam perspektif human development dapat dilihat dari tiga hal meliputi aspek normatif, kurikulum, dan proses pembelajaran. Karakteristik lembaga persekolahan swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta sangat unik, lembaga persekolahan yang sejak awal berdirinya mempunyai filosofi dan ideologi dalam perspektif human development sulit mengimplementasikan ke sekolah-sekolah di bawah naungannya, karena pengaruh kebijakan negara yang besar. Sementara lembaga persekolahan swasta yang pada awalnya masih menganut filsafat positivistik dan primordialistik dalam penyelenggaraan persekolahannya, mulai berinovasi mengubah AD/ ART-nya secara lebih inklusif ; 2)Praksis pendidikan sekolah-sekolah dari lembaga pendidikan swasta mulai bertransformasi dari pembelajaran yang behavioristik- positivistik ke pembelajaran yang konstruktivistik; teacher center ke arah student center. Hal ini nampak dari meningkatnya sarana dan prasarana sekolah, fasilitas kelas, pola hubungan antara guru, setting kelas, media pembelajaran dan evaluasi pembelajarannya. Model pembelajaran lebih konstruktivistik dan kolaboratif; 3) Ada perbedaan praksis pendidikan yang berperspektif human development antara lembaga persekolahan swasta yang berbasis nasional kebangsaan dengan yang berbasis agama.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Hasil Penelitian Disertasi Doktor 2016
Uncontrolled Keywords: human development, praksis pendidikan , dan sekolah
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 14 Feb 2017 01:48
Last Modified: 14 Feb 2017 01:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47051

Actions (login required)

View Item View Item