Keefektifan Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar dengan Menggunakan Pendekatan Problem Solving dan Problem Posing ditinjau dari Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Siswa SMP

Falach, Harinda Nurril (2016) Keefektifan Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar dengan Menggunakan Pendekatan Problem Solving dan Problem Posing ditinjau dari Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-harinda-nurril-falach-10709251035.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keefektifan pendekatan problem solving terhadap kemampuan pemahaman dan penalaran matematis; 2) keefektifan pendekatan problem posing terhadap kemampuan pemahaman dan penalaran matematis; dan 3) perbandingan keefektifan dari pendekatan pembelajaran problem solving dan problem posing terhadap kemampuan pemahaman dan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ngaglik pada pembelajaran bangun ruang sisi datar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ngaglik tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari empat kelas. Dari populasi yang ada diambil dua kelas secara acak sebagai sampel. Kelas yang diperoleh adalah kelas VIII B dan kelas VIII C. Kelas VIII B dikenai perlakuan berupa pendekatan problem solving dan VIII C dikenai perlakuan dengan problem posing. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes uraian untuk mengukur kemampuan pemahaman dan penalaran matematis. Uji normalitas data menggunakan jarak Mahalonobis dan uji homogenitas menggunakan Box’s M test. Data dianalisis menggunakan one sample t test, uji MANOVA dengan rumus T2 Hotteling, dan uji t dengan kriteria Bonferroni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendekatan problem solving efektif terhadap kemampuan pemahaman dan penalaran matematis; 2) pendekatan problem posing efektif terhadap kemampuan pemahaman dan penalaran matematis; dan 3) pendekatan problem solving lebih efektif daripada pendekatan problem posing ditinjau dari kemampuan pemahaman matematis tetapi pendekatan problem solving tidak lebih efektif daripada pendekatan problem posing ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ngaglik pada pembelajaran bangun ruang sisi datar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan problem solving, pendekatan problem posing, kemampuan pemahaman matematis, dan kemampuan penalaran matematis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Feb 2017 08:37
Last Modified: 09 May 2019 07:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47038

Actions (login required)

View Item View Item