LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Nama Lokasi: SMA N 2 SLEMAN Alamat: Brayut, Pandawoharjo, Sleman 15 Juli sampai dengan 15 September 2016

MELINDA DHIAN KUSUMA, MELINDA DHIAN KUSUMA (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Nama Lokasi: SMA N 2 SLEMAN Alamat: Brayut, Pandawoharjo, Sleman 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Melinda Dhian Pend Akuntansi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan perpaduan kegiatan yang bertujuan mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan, oleh karena itu pelaksanaan PPL ini akan sangat membantu mahasiswa dalam memasuki dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan. Salah satu tempat yang menjadi lokasi PPL UNY 2016 adalah SMA Negeri 2 Sleman yang beralamat di Jalan Brayut, Pandowoharjo, Sleman PPL Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus 2016 telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 Juli-15 September 2016. Kegiatan PPL dimulai dari kegiatan observasi kelas, perencanaan meliputi konsultasi dengan guru pembimbing, persiapan materi, penyusunan perangkat pembelajaran,menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) persiapan metode dan media pembelajaran sampai dengan pelaksanaan praktik mengajar di kelas. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan di kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 untuk mata pelajaran Akuntansi. Selain mengajar, praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti piket di ruang piket, piket among siswa, membantu administrasi siswa untuk guru Bimbingan dan Konseling (BK) dan lain sebagainya. Manfaat serta yang didapatkan dari pelaksanaan PPL selama dua bulan di SMA Negeri 2 Sleman ini dapat dirasakan hasilnya oleh praktikan berupa pengalaman nyata yang dapat menjadi landasan bagi praktikan untuk meningkatkan kompetensinya dalam dunia pendidikan serta penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di bidang pendidikan Akuntansi yang diperoleh di bangku perkuliahan. Praktikan telah berusaha untuk menekan semua hambatan yang terjadi selama melaksanakan program kerja, sehingga program tersebut akhirnya berhasil dilaksanakan. Demi kelancaran dalam proses pembelajaran praktikan selalu berkonsultasi dengan guru pembimbing serta dosen praktik lapangan untuk mencari solusi dalam mengatasi hambatanhambatan selama kegiatan PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMA Negeri 2 Sleman
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Feb 2017 08:33
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47037

Actions (login required)

View Item View Item