LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2016) Periode 15 Juli – 15 September 2016 Nama Lokasi : SMP Negeri 4 Gamping Alamat : Kalimanjung, Ambarketawang, Gamping, Sleman Kode Pos 55292

Yusuf Roikhan Rais, Yusuf Roikhan Rais (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2016) Periode 15 Juli – 15 September 2016 Nama Lokasi : SMP Negeri 4 Gamping Alamat : Kalimanjung, Ambarketawang, Gamping, Sleman Kode Pos 55292. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yusuf Roikhan Rais (13601241036) PJKR.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah yang wajib diambil dan ditempuh oleh mahasiswa program pendidikan dari setiap jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Saat ini penyelenggaraan PPL di UNY dilaksanakan secara terpadu yang diselenggarakan di sekolahsekolah dan di lembaga-lembaga. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan produktivitas tenaga pendidik, khususnya calon pendidik dalam segi kualitas. Dalam kesempatan kali ini PPL UNY diselenggarakan di SMP Negeri 4 Gamping selama kurang lebih 2 bulan yaitu mulai tanggal 15 Juli 2016 - 15 September 2016. SMP Negeri 4 Gamping secara geografis terletak di wilayah kabupaten Sleman, tepatnya di dusun Kalimanjung, kecamatan Gamping, kabupaten Sleman. Pelaksanaan PPL di SMP Negeri 4 Gamping bertujuan melatih mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimilikinya dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa dapat memiliki pengalaman yang dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan kompetensinya di masa yang akan datang dalam kaitannya sebagai pendidik. Pelaksanaan kegiatan PPL secara umum meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, penyusunan laporan dan evaluasi. Tahap persiapan meliputi pembekalan PPL yang dilaksanakan di kampus UNY sebelum penerjunan ke lapangan. Tahapan pelaksanaan PPL meliputi tahap observasi potensi pengembangan sekolah yang meliputi observasi kegiatan pembelajaran dan observasi fisik sekolah, identifikasi dan inventarisasi permasalahan, penyusunan rancangan program, dan pelaksanaan program. Setelah pelaksanaan peserta PPL wajib menyusun laporan yang kemudian akan dievaluasi oleh sekolah dan DPL PPL. Secara umum, program kerja PPL di sekolah Pada kegiatan PPL, praktikan diberi tanggung jawab untuk mengampu 10 kelas, yaitu kelas VII A-F, dan kelas VIII A-D. Selama waktu pelaksanaan PPL, Praktikan telah melaksanakan praktik mengajar sebanyak 29 kali pertemuan. Secara umum, pelaksanaan PPL di SMP Negeri 4 Gamping berjalan dengan lancar dan baik berkat kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak, yaitu pihak dosen pembimbing, pihak sekolah, serta kepala sekolah, koordinator PPL, guru pembimbing, staff karyawan dan tata usaha serta peserta didik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Observasi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Feb 2017 07:43
Last Modified: 01 Oct 2019 11:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47029

Actions (login required)

View Item View Item