Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Saintifik pada Materi Pokok Pola Bilangan, Barisan dan Deret terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis, dan Minat Belajar Siswa

Wibowo, Aji (2016) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Saintifik pada Materi Pokok Pola Bilangan, Barisan dan Deret terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis, dan Minat Belajar Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-aji-wibowo-14709259015.swf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keefektifan pendekatan pembelajaran realistik, pendekatan saintifik dan pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. 2). pengaruh pendekatan pembelajaran realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar kemampuan penalaran matematis, dan minat belajar. 3). perbandingan keefektifan antara pendekatan pembelajaran realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar kemampuan penalaran matematis, dan minat belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan dua kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas IX SMPN 1 Kelumpang Hilir, Kotabaru Kalimantan Selatan yang terdiri dari 6 kelas sedangkan sampel penelitian terdiri atas siswa dari 3 kelas yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian adalah instrumen tes prestasi dengan koefisien reliabilitas pretest = 0,713, posttest = 0,765 dan Standar Error Measurement (SEM) pretest = 9,6, posttest = 8,97, instrumen kemampuan penalaran matematis dengan reliabilitas pretest = 0,766, posttest = 0,733 dan SEM pretest = 7,6, posttest = 7,842 dan angket minat belajar dengan reliabilitas = 0,893 dan SEM = 5,062. Analisis data (statistik inferensial) meliputi: 1) uji t one sample digunakan untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan pembelajaran realistik dan saintifik, serta pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar kemampuan penalaran matematis, dan minat belajar 2) untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan pembelajaran realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar kemampuan penalaran matematis, dan minat belajar serta 3) untuk mendeskripsikan perbandingan keefektifan antara pendekatan pembelajaran realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar kemampuan penalaran matematis, dan minat belajar menggunakan analisis multivariat dengan Kontras Helmert. Setiap analisis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunujukkan bahwa :1) pendekatan pembelajaran realistik efektif terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis, dan minat belajar, pendekatan pembelajaran saintifik efektif terhadap prestasi belajar dan minat belajar tetapi tidak efektif terhadap kemampuan penalaran matematis, sedangkan pembelajaran konvensional tidak efektif terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis, dan minat belajar; 2) pendekatan pembelajaran realistik dan saintifik berpengaruh dan lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar kemampuan penalaran matematis, dan minat belajar; 3) pendekatan pembelajaran realistik lebih efektif daripada pendekatan saintifik terhadap prestasi belajar kemampuan penalaran matematis, dan minat belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan realistik, pendekatan saintifik, prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis, minat belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Feb 2017 07:05
Last Modified: 09 May 2019 07:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47028

Actions (login required)

View Item View Item