Komparasi Standard Setting Dengan Menggunakan Metode Grup Kontas dan Metode Bookmark Pada Mata Pelajaran Akuntansi SMK Bisnis dan Menejemen

Brataningrum, Natalina Premastuti (2010) Komparasi Standard Setting Dengan Menggunakan Metode Grup Kontas dan Metode Bookmark Pada Mata Pelajaran Akuntansi SMK Bisnis dan Menejemen. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-natalina-prematuti-brataningrum-08701251006.swf

Download (53MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan cutscore (batas lulus) ujian nasional mata pelajaran akuntansi dengan menggunakan metode Grup Kontras dan metode Bookmark. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian berupa perangkat UN kompetensi kejuruan teori akuntansi tahun 2009 dan respon peserta terhadap perangkat ujian ini, yang merupakan data dokumen dari 8 SMK Bisnis dan Menejemen di wilayah Kota Yogjakarta dengan 314 peserta didik. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan didukung data kualitatif. Metode yang digunakan untuk menetukan cutscore adalah dengan metode Grup Kontras dan Metode Bookmark. Analisis data butir tes dilakukan secara klasik dengan program microcat Iteman, sedangkan analisis secara modern (Rasch Model) dilakukan dengan menggunakan program AcerConQuest. Data kualitatif berupa judgment ahli dalam proses penentuan cutscore. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cutscore yang dihasilkan dengan metode Grup Kontras adalah sebesar 63,09 (skala 100). Demikian halnya cutscore yang dihasilkan dengan Metode Bookmark adalah sebesar 68,96 (Respon Probability/RP 0,67) dan 67,36 (RP 0,5). Metode Bookmark relative lebih akurat dalam menentukan cutscore karena: 1) butir diungkap parameter indeks kesukarannya kemudian dilakukan analisis abilitas peserta tes dengan menggunakan model Rasch atau Teori Respon Butir, 2) adanya judgment ahli. Namun demikian, grup kontras lebih aplikatif bagi guru karena memiliki prosedur yang sederhana dan tidak membutuhkan jumlah peserta tes dengan jumlah minimal.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: standard setting, group contrast, bookmark
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 13 Feb 2017 03:52
Last Modified: 13 Feb 2017 03:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47021

Actions (login required)

View Item View Item