Karakteristik Butir Soal Matematika Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) di Kabupaten Ende

Fransiskus, Korosando (2010) Karakteristik Butir Soal Matematika Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) di Kabupaten Ende. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fransiskus-korosando-08701251003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) karateristik butir perangkat tes yang digunakan pada UASBN menurut teori respon butir, (2) butir-butir yang terdeteksi mengandung DIF berdasarkan perbedaan wilayah (kota - desa). Analisis butir dalam penelitian ini dilakukan pada respons siswa peserta UASBN pada mata pelajaran matematika SD/MI/SDLB di Kabupaten Ende tahun pelajaran 2008/2009 yang tersebar di 337 sekolah dengan populasi peserta yang mengikuti UASBN sebanyak 5295 siswa. Sumber data berupa lembar respons siswa atau lembar jawaban komputer (LJK) yang telah dikerjakan siswa diambil dengan teknik purposive random sampling sebanyak 2060 terdiri dari 1030 respons siswa kelompok kota dan 1030 respons siswa kelompok desa. Metode pendeteksian DIF berdasarkan perbedaan wilayah yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Mantel-Haenszel. Hasil analisis berdasarkan teori respons butir 3 parameter terdapat 32 butir berkualitas baik dengan fungsi informasinya 8,668, dan kesalahan baku estimasinya -3,359. Analisis pendeteksian DIF dengan metode Mantel-Haenszel ditemukan adanya butir soal UASBN mata pelajaran matematika SD/MI/SDLB di Kabupaten Ende yang mengandung DIF.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: karakter butir soal, matematika, Ujian Nasional Berstandar Nasional
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2017 03:20
Last Modified: 05 Oct 2022 07:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47020

Actions (login required)

View Item View Item