Fransiskus, Korosando (2010) Karakteristik Butir Soal Matematika Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) di Kabupaten Ende. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-fransiskus-korosando-08701251003.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) karateristik butir perangkat tes yang digunakan pada UASBN menurut teori respon butir, (2) butir-butir yang terdeteksi mengandung DIF berdasarkan perbedaan wilayah (kota - desa). Analisis butir dalam penelitian ini dilakukan pada respons siswa peserta UASBN pada mata pelajaran matematika SD/MI/SDLB di Kabupaten Ende tahun pelajaran 2008/2009 yang tersebar di 337 sekolah dengan populasi peserta yang mengikuti UASBN sebanyak 5295 siswa. Sumber data berupa lembar respons siswa atau lembar jawaban komputer (LJK) yang telah dikerjakan siswa diambil dengan teknik purposive random sampling sebanyak 2060 terdiri dari 1030 respons siswa kelompok kota dan 1030 respons siswa kelompok desa. Metode pendeteksian DIF berdasarkan perbedaan wilayah yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Mantel-Haenszel. Hasil analisis berdasarkan teori respons butir 3 parameter terdapat 32 butir berkualitas baik dengan fungsi informasinya 8,668, dan kesalahan baku estimasinya -3,359. Analisis pendeteksian DIF dengan metode Mantel-Haenszel ditemukan adanya butir soal UASBN mata pelajaran matematika SD/MI/SDLB di Kabupaten Ende yang mengandung DIF.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | karakter butir soal, matematika, Ujian Nasional Berstandar Nasional |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 13 Feb 2017 03:20 |
Last Modified: | 05 Oct 2022 07:03 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47020 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |